Sunday, March 26, 2017

KONTRIBUSI FOTOGRAFI DESAIN DALAM INDUSTRI PERIKLANAN

1.    KONTRIBUSI FOTOGRAFI DESAIN DALAM INDUSTRI PERIKLANAN
Perkembangan Dunia fotografi dewasa ini dangan pesat diiringi dengan kemajuan teknologi dewasa ini, dimulai dari penemuan camera obscura hingga penemuan digital fotografi, hal ini disebabkan oleh tuntutanjaman yang serba instan, praktis dan ekonomis. Pada jaman yang semakin maju ini bidang Ilmu fotografi pada akhirnya semakin luas peranannya di semua disiplin Ilmu pengetahuan, hal ini disebabkan karena fotografi tidak hanya digunakan hanya untuk sarana dokumentasi semata akan tetapi sudah menginjak dalam dunia industri komersial maupun non komersial hal ini disebabkan karena kebutuhan dunia industri untuk menghasilkan produksi maupun mengkomunikasikan produksi tidak lepas dari kebutuhan penguasaan bidang fotografi Desain.
Dalam bidang Fotografi Desain, terdapat sudut pandang, konsep-konsep yang terkait ide-ide dan gagasan yang dapat menjemabatani seorang pekerja seni dalam menganalisis dan menjawab permasalahan yang timbul dalam Era Industri kreatif yang dicanangkan oleh Pemerintah pada saat ini, dan merupakan tantangan yang akan dihadapi seorang fotografer maupundesainer selaku pekerja senipada industri kreatif untuk memahami dan mewujudkan konsep desain secara detail dan nantinya berguna untuk mengembangkan pengetahuannya tentang Fotografi Desain secara umum sesuai dengan perkembangan desain yang up todate.
Pengertian Fotografi Desain di sini adalah suatu perancangan ide-ide, gagasan, yang dirumuskan dalam suatu konsep pemikiran untuk perwujudan karya artistik dan estetik, yang menekankan pada aspek komunikasi secara visual dan diwujudkan lewat media fotografi. Bidang fotografi sangat erat berkaitan dengan dunia periklanan seperti halnya semua media cetak elektronik, membutuhkan sebuah foto untuk proses komunikasi dan sebagai daya tarik visual yang mampu mengambarkan keadaan suatu produk dan, atau jasa.
Daya tarik sebuah foto iklan, baik yang bersifat komersial maupun non komersialharus mampu untuk memikat pemerhatinya yaitu masyarakat selaku sasaran dari produk dan, atau jasa yang menyajikannya, karena pada sebuah foto iklan terdapat konsep desain yang bertujuan persuasif atau mengajak masyarakat selaku pemerhatinya untuk mengikuti keinginan desainer pembuatnya.
Keuntungan penggunaan digital fotografi dalam dunia desain secara umum adalah :
a.    Memperoleh image objek sebenarnya dengan proporsi yang dapat diaturbaik warna, cahaya, maupun detailnya.
b.    Pengaruh model sangat kuat untuk menarik minat konsumen sehingga pengambilan gambar untuk mengangkat karakter model dapat dimanfaatkan untuk keperluan komunikasi visual periklanan.
c.    Mempermudah pengambilan gambar di studio dalam pemotretan StillLife untuk keperluan iklan desain produk.
d.    Proses kerja semakin cepat dan Efisiensi alokasi dana pengeluaran.
e.    Menunjang kebutuhan informasi dalam bentuk visual dalam media cetak maupun elektronik.
f.     Menunjang daya tarik visual sebuah desain sebagai sarana persuasif yang kreatif dan inovatif., Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

2.    APLIKASI FOTOGRAFI DESAIN
Proses perwujudan sebuah karya fotografi desain tidak lepas dari pemahaman unsur yang terdapat dalam desain dan penggabungan teknik fotografi dalam pencitraannya., selain itu juga penguasaan software Adobe Photoshop untuk editing foto objek dan lay out.
Pengabungan teknik-teknik untuk merancang sebuah desain iklan dapat dirumuskan dalam Metodologi Penciptaan Fotografi Desain sebagai berikut :
1.Subject Matter atau Thema
2.Pemilihan Media
3.Illustrasi
4.Teknik Pencahayaan
5.Pemilihan Warna
6.Tipografi
7.Proses digital retouch


1.Thema
Penentuan sebuah thema merupakan titik tolak kerja penciptaan desain karena mencakup maksud dan tujuan penciptaan, hal ini dipengaruhi aspek geografi, sosial dan budaya masyarakat sebagia target market maupun target audience, dalam periklanan baik yang komersial maupun non komesial harus diperhatikan pesan-pesan atau message yang akan disampaikan, dalam pemilihan tem dapat berpedoman 5W+1H yaitu: Where, What, When,Who,Why, How. Dijelaskan sebagai berikut: Whoyang dimaksud adalah si pemberi pesan dan penerima pesan atau khalayak sasaran. Whatyang dimaksud adalah pesan apa yang akan disampaikan untuk menyampaikan suatu produk atau jasa. Whyyang dimaksud misalnya mengapa disampaikan ke khalayak sasaran. Where, dimana akan disajikan atau ditampilkan. When, kapan akan disajikan atau ditampilkan. How yang dimaksud adalah bagaimana cara menyampaikan pesan melalui foto yang diciptakan.
2.Pemilihan media
Untuk tercapainya maksud dan tujuan penciptaan harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian pemilihan media yang akan digunakan, seperti halnya catalog, poster, coffeetable book, leaflet dan lain sebagainya.
3.Illustrasi
Alur atau uraian cerita atau gambar yang akan disajikan dalam media yang telah dipilihharus sesuai dengan thema yang diangkat atau setidak-tidaknya relevan dengan thema baik langsung maupun tidak langsung, perencanaan Illustrasi dibedakan menjadi 4 macam yaitu:
1.Illustrasi yang menggambarkan identitas
2.Illustrasi yang menggambarkan akibat atau hasil
3.Illustrasi yang menggambarkan proses pembuatan barang
4.Illustrasi yang seakan-akan saling tidak berhubungan
4.Teknik Pencahayaan
Pemilihan teknik pencahayaan yang akan digunakan sangat penting untuk menampilkan karakter objek sebagai daya tarik visual, dalam proses pencahayaan dapat dilakukan dengan menggunakan sumber cahaya alam yaitu matahari dan dapat juga dilakukan dengan menggunakan cahaya buatan yaitu lampu studio, hal ini disesuaikan dengan Illustrasi yang sudah ditentukan.
5.Pemilihan warna
Dalam pemilihan warna harus diperhatikan karena warna dapat berfungsi sebagai eye catcher atau penarik pandang, sebuah gambar atau pesan yang disajikan akan tampak menonjol dan dapat terlihat seketika dan masuk dalam pikiran audience dapat dicapai melaluai konsep lay out dengan pemilihan warna yang tepat sesuai kaidah-kaidah komposisi warna.

6.Tipografi
Pemilihan huruf harus mudah dibaca dan menjiwai iklan yang disajikan, dengan teknik penyajian yang menarik, rapi dan sempurna sesuai penempatan lay out serta kekontrasan terhadap latar belakang.
7.Proses digital retouch
Proses pengolahan digital atau memperbaiki image foto dan lay out desain lewat media software Adobe Photoshop

3.    TAHAPAN VISUALISASI PENCIPTAAN
Penciptaan karya fotografi desain memerlukan beberapa tahapan untuk menyusunnya yaitu; dengan pengembangan teknik dasar fotografi, baik lewat media kamera digital maupun analog dan penggunaanSoftware Adobe Photoshop untuk proses visualisasi desain secara kaseluruhan. Desain tersebut di atas dapat ditujukan untuk kepentingan komersial maupun non komersial yang berupa jasa ataupun barang. Tahapan visualisai penciptaan dijelaskansebagai berikut :
1.Pengumpulan Data
2.Menentukan Tema dan Unsur Desain
3.Menentukan Lay out Desain
4.Menentukan Teknik Pemotretan
5.Proses Visualisasi Desain
1. Pengumpulan Data
Mempelajari secara detail hal-hal yang berkenaan dengan objek yang akan diiklankan baik yang berupa barang maupun jasa, komersial maupun non komersial, dengan tujuan untuk menentukan unsur penyunjang dalam penyusunan sebuah iklan, antara lain headline, sub headline, thema, illustrasi dan message atau pesannya. Hal hal yang perlu pelajari antara lain :
1.Objek yang akan diiklankan
2.Fungsi objek diiklankan
3.Kepada siapa objek diiklankan
4.Kapanobjek iklan akan disampaikan
5.Bagaimana cara menyampaikan pesan objek iklan
2. Menentukan Thema dan Unsur Desain
Setelah data-data objek iklan terkumpul maka penyusunan tema iklan dapat ditentukan sehingga elemen iklan juga dapat ditentukan antara lain :
1.Headline yang mendukung tema iklan
2.Illustrasi yang akan ditampilkan
3.Pesan yang akan disampaikan
3. Menentukan Lay out Desain
Pembagian bidang dengan pertimbangan komposisi bentuk, gradasi warna, kekontrasan ritmebalance, harmoni atau keserasian dan penentuan dominasi bidang pada objek yang diiklankan.
4. Menentukan Teknik Pemotretan
Setelah menentukan lay out desain maka dilanjutkan dengan proses menetukan teknik eksekusi gambar dan elemen pendukung objek yang akan diiklankan, dalam hal ini teknik eksekusi gambar yang sering kali digunakan antara lain :
1.Slow Motion
2.Stop Action
3.Panning
4.Close up
5.Selectitive Focus
6.Depth of Field
7.Zooming
8.Silhoutte
9.Studio Lighting
10.Hi-Key
11.Lo-Key
5. Proses Visualisasi Desain
Proses ini berkenaan dengan pelaksanaan keseluruhan tahapan yang tersebut di atas, yang diaplikasikan lewat media Software Adobe Photoshop dalam menyelesaikan objek iklan menjadi sebuah Desain Iklan yang siap untuk disajikan atau disampaikan ke audience lewat media periklanan baik cetak maupun elektronik.

4.    FOTOGRAFI PRODUK
Fotografi Produk adalah sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan berbagai macam gaya mengkomposisikan suatu produk perusahaan hingga menimbulkan pencitraan secara khusus berdasarkan misi yang di bawahnya. Nilai kekuatan pada fotografi produk tergantung dari cara mengkomposisikan berbagai macam komponen yang ada. Dalam proses pembuatannya umumnya dilakukan di dalam studio foto atau di ruangan tertentu yang dianggap memenuhi kriteria artistik dari seorang fotografernya, meskipun demikian tidak menutup kemungkinan mengambil latar belakang di luar ruangan atau di outdoor missal pemotretan yang dilakukan di sekitar air tejun, dikenakan konsep kreatifitasnya menuntut dengan karakter air tang deras. Fotografi kategori jenis ini sering dipakai sebagai isi atau konten dari majalah-majalah yang berkaitan dengan life style atau majalah yang berkaitan dengan pola gaya hidup. Selain itu juga bisa sebagai komponen dari pembuatan sarana iklan setelah dilakukan pengeditan dengan mencantumkan atau menyertakan model yang terkait  di dalamnya. Selain berguna sebagai isi dari majalah, fotografi ini juga bisa berdiri sendiri misalnya dalam pameran khusus yang diadakan di gedung galeri dengan tema tertentu. Banyak karya fotografi pada kategori ini yang ada di tengah masyarakat baik melalui pameran-pameran foto di berbgai tempat maupun di majalah-majalah khusus serta di dalam situs internet. Contoh fotografi pada jenis ini dapat dilihat seperti berikut ini.
Description: C:\Users\GIO\Documents\Fotografi-Produk-4-300x225.jpgDescription: C:\Users\GIO\Documents\Fotografi-Produk-9-300x199.jpgDescription: C:\Users\GIO\Documents\Fotografi-Produk-1.jpg
Fotografi Produk bagian dari Fotografi Desain merupakan sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan penggayaan dari komponen-komponen yang ada hingga terlihat menarik  untuk tujuan sebagai karya yang bisa berdiri sendiri atau bagian dari isi dan konten sebuah Majalah. Dalam implementasinya pemotretan dari karya ini, bisa dilakukan di dalam studio atau ruangan tertentu dan juga bisa dilakukan di alam luas atau outdoor.

5.            FOTOGRAFI PERIKLANAN
Fotografi Periklanan adalah sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan misi tertentu dari sebuah perusahaan atau instansi melalui pesan yang dikomunikasikan dengan berbagai macam penggayaan dari komponennya disertai dengan bantuan copy writing sebagai penegas pesan yang ingin disampaikan. Bentuk atau format dari fotografi pada kategori ini, bukan berbentuk ukuran pencetakan foto pada umumnya, melainkan sudah diformat menjadi sebuah karya desain grafis yang jenisnya bermacam-macam. Nilai kekuatan pada fotografi tergantung dari cara mengkomposisikan berbagai macam komponen yang ada sesuai dengan konsep kreatif mewakili pesan tersebut, lewat unsur gambar yang disebut dengan art directing dan unsur kata yang disebut copy writing. Dalam proses pembuatannya secara umum dilakukan dengan mengandalkan teknologi komputer grafis lewat program pengolahan pixel antara lain Adobe Photoshop dan program berbasis vektor yaitu program Adobe Illustrator. Semua foto yang mewakili pesan dieksekusi secara terpisah baik yang dilakukan di dalam studio atau di luar studio dan disini hasilnya diklasifikasikan sebagai foto materi (Coba lihat kategori Fotografi Materi Produk). Foto materi yang sudah ada tersebut kemudian dilakukan pengeditanya dengan menggunakan program komputer grafis berdasarkan format desain yang direncanakan. Hasil dari pengeditan ini dapat diklasifikasikan sebagai karya desain grafis. Fotografi kategori jenis ini sering dipakai sebagai sarana material promosi guna mendukung promosi dari produk perusahaan diantaranya berbentuk Billboard yang dipasang dipinggir jalan, Poster yang ditempel di berbagai dinding tempat-tempat strategis, leaflet yang di bagi-bagikan kepada pengunjung serta bentuk lainnya. Banyak  karya fotografi pada kategori ini yang ada di tengah masyarakat baik melalui pameran-pameran di berbgai tempat maupun iklan di majalah-majalah. Berikut ini adalah contohnya

Description: C:\Users\GIO\Documents\Fotografi-Periklanan-2-300x200.jpgDescription: C:\Users\GIO\Documents\Fotografi-Periklanan-4-209x300.jpg

Description: C:\Users\GIO\Documents\Fotografi-Periklanan-1-300x179.jpg


Fotografi Periklanan bagian dari Fotografi Desain merupakan sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan misi khusus lewat pesan yang dikemas dalam suatu kreatifitas penggayaan model serta komponen lainnya hingga dapat mempengaruhi massa atau konsumen. Hasil akhir dirubah dalam bentuk desain grafis yang berfungsi sebagai sarana promosi sebuah produk perusahaan. Pengeksekusiannya  menggunakan program komputer grafis dengan memanfaatkan foto-foto yang sudah tersedia, kemudian dilakukan pengeditan berdasarkan konsep cerita yang mewakili pesan tersebut

No comments:

Post a Comment