1.
KONTRIBUSI FOTOGRAFI DESAIN DALAM INDUSTRI PERIKLANAN
Perkembangan Dunia fotografi dewasa ini dangan pesat
diiringi dengan kemajuan teknologi dewasa ini, dimulai dari penemuan camera
obscura hingga penemuan digital fotografi, hal ini disebabkan oleh tuntutanjaman
yang serba instan, praktis dan ekonomis. Pada jaman yang semakin maju ini
bidang Ilmu fotografi pada akhirnya semakin luas peranannya di
semua disiplin Ilmu pengetahuan, hal ini disebabkan karena fotografi tidak
hanya digunakan hanya untuk sarana dokumentasi semata akan tetapi sudah
menginjak dalam dunia industri komersial maupun non komersial hal ini
disebabkan karena kebutuhan dunia industri untuk menghasilkan produksi maupun
mengkomunikasikan produksi tidak lepas dari kebutuhan penguasaan bidang
fotografi Desain.
Dalam bidang Fotografi Desain, terdapat sudut pandang,
konsep-konsep yang terkait ide-ide dan gagasan yang dapat
menjemabatani seorang pekerja seni dalam menganalisis dan menjawab
permasalahan yang timbul dalam Era Industri kreatif yang dicanangkan oleh
Pemerintah pada saat ini, dan merupakan tantangan yang akan dihadapi seorang
fotografer maupundesainer selaku pekerja senipada industri kreatif untuk
memahami dan mewujudkan konsep desain secara detail dan nantinya berguna untuk
mengembangkan pengetahuannya tentang Fotografi Desain secara umum sesuai dengan
perkembangan desain yang up todate.
Pengertian Fotografi Desain di sini adalah suatu
perancangan ide-ide, gagasan, yang dirumuskan dalam suatu konsep pemikiran
untuk perwujudan karya artistik dan estetik, yang menekankan pada aspek
komunikasi secara visual dan diwujudkan lewat media fotografi. Bidang fotografi
sangat erat berkaitan dengan dunia periklanan seperti halnya semua media cetak
elektronik, membutuhkan sebuah foto untuk proses komunikasi dan sebagai daya
tarik visual yang mampu mengambarkan keadaan suatu produk dan, atau jasa.
Daya tarik sebuah foto iklan, baik yang bersifat
komersial maupun non komersialharus mampu untuk memikat pemerhatinya yaitu
masyarakat selaku sasaran dari produk dan, atau jasa yang menyajikannya, karena
pada sebuah foto iklan terdapat konsep desain yang bertujuan persuasif atau
mengajak masyarakat selaku pemerhatinya untuk mengikuti keinginan desainer
pembuatnya.
Keuntungan penggunaan digital fotografi
dalam dunia desain secara umum adalah :
a.
Memperoleh image objek sebenarnya
dengan proporsi yang dapat diaturbaik warna, cahaya, maupun detailnya.
b.
Pengaruh model sangat kuat untuk menarik minat
konsumen sehingga pengambilan gambar untuk mengangkat karakter model dapat
dimanfaatkan untuk keperluan komunikasi visual periklanan.
c.
Mempermudah pengambilan gambar di studio dalam
pemotretan StillLife untuk keperluan iklan desain produk.
d.
Proses kerja semakin cepat dan Efisiensi alokasi dana
pengeluaran.
e.
Menunjang kebutuhan informasi dalam bentuk visual
dalam media cetak maupun elektronik.
f.
Menunjang daya tarik visual sebuah desain sebagai
sarana persuasif yang kreatif dan inovatif., Dan masih banyak lagi keuntungan
lainnya.
2.
APLIKASI FOTOGRAFI DESAIN
Proses
perwujudan sebuah karya fotografi desain tidak lepas dari pemahaman unsur yang
terdapat dalam desain dan penggabungan teknik fotografi dalam pencitraannya.,
selain itu juga penguasaan software Adobe Photoshop untuk
editing foto objek dan lay out.
Pengabungan teknik-teknik untuk merancang sebuah
desain iklan dapat dirumuskan dalam Metodologi Penciptaan Fotografi Desain
sebagai berikut :
1.Subject Matter atau
Thema
2.Pemilihan Media
3.Illustrasi
4.Teknik Pencahayaan
5.Pemilihan Warna
6.Tipografi
7.Proses digital
retouch
1.Thema
Penentuan
sebuah thema merupakan titik tolak kerja penciptaan desain karena mencakup
maksud dan tujuan penciptaan, hal ini dipengaruhi aspek geografi, sosial dan
budaya masyarakat sebagia target market maupun target audience,
dalam periklanan baik yang komersial maupun non komesial harus diperhatikan
pesan-pesan atau message yang akan disampaikan, dalam pemilihan tem dapat
berpedoman 5W+1H yaitu: Where, What, When,Who,Why, How.
Dijelaskan sebagai berikut: Whoyang dimaksud adalah si pemberi
pesan dan penerima pesan atau khalayak sasaran. Whatyang dimaksud
adalah pesan apa yang akan disampaikan untuk menyampaikan suatu produk atau
jasa. Whyyang dimaksud misalnya mengapa disampaikan ke khalayak
sasaran. Where, dimana akan disajikan atau ditampilkan. When,
kapan akan disajikan atau ditampilkan. How yang dimaksud
adalah bagaimana cara menyampaikan pesan melalui foto yang diciptakan.
2.Pemilihan
media
Untuk
tercapainya maksud dan tujuan penciptaan harus mempertimbangkan keuntungan dan
kerugian pemilihan media yang akan digunakan, seperti halnya catalog,
poster, coffeetable book, leaflet dan lain sebagainya.
3.Illustrasi
Alur
atau uraian cerita atau gambar yang akan disajikan dalam media yang telah
dipilihharus sesuai dengan thema yang diangkat atau setidak-tidaknya relevan
dengan thema baik langsung maupun tidak langsung, perencanaan Illustrasi
dibedakan menjadi 4 macam yaitu:
1.Illustrasi yang
menggambarkan identitas
2.Illustrasi yang
menggambarkan akibat atau hasil
3.Illustrasi yang
menggambarkan proses pembuatan barang
4.Illustrasi yang
seakan-akan saling tidak berhubungan
4.Teknik
Pencahayaan
Pemilihan
teknik pencahayaan yang akan digunakan sangat penting untuk menampilkan
karakter objek sebagai daya tarik visual, dalam proses pencahayaan
dapat dilakukan dengan menggunakan sumber cahaya alam yaitu matahari dan dapat
juga dilakukan dengan menggunakan cahaya buatan yaitu lampu studio, hal ini
disesuaikan dengan Illustrasi yang sudah ditentukan.
5.Pemilihan warna
Dalam
pemilihan warna harus diperhatikan karena warna dapat berfungsi sebagai eye
catcher atau penarik pandang, sebuah gambar atau pesan yang disajikan
akan tampak menonjol dan dapat terlihat seketika dan masuk dalam pikiran audience dapat
dicapai melaluai konsep lay out dengan pemilihan warna yang
tepat sesuai kaidah-kaidah komposisi warna.
6.Tipografi
Pemilihan
huruf harus mudah dibaca dan menjiwai iklan yang disajikan, dengan teknik
penyajian yang menarik, rapi dan sempurna sesuai penempatan lay out serta
kekontrasan terhadap latar belakang.
7.Proses digital retouch
Proses
pengolahan digital atau memperbaiki image foto dan lay out desain
lewat media software Adobe Photoshop
3.
TAHAPAN VISUALISASI PENCIPTAAN
Penciptaan
karya fotografi desain memerlukan beberapa tahapan untuk menyusunnya yaitu;
dengan pengembangan teknik dasar fotografi, baik lewat media kamera digital
maupun analog dan penggunaanSoftware Adobe Photoshop untuk proses
visualisasi desain secara kaseluruhan. Desain tersebut di atas dapat ditujukan
untuk kepentingan komersial maupun non komersial yang berupa jasa ataupun
barang. Tahapan visualisai penciptaan dijelaskansebagai berikut :
1.Pengumpulan Data
2.Menentukan Tema dan
Unsur Desain
3.Menentukan Lay out
Desain
4.Menentukan Teknik
Pemotretan
5.Proses Visualisasi
Desain
1.
Pengumpulan Data
Mempelajari secara detail hal-hal
yang berkenaan dengan objek yang akan diiklankan baik yang berupa barang maupun
jasa, komersial maupun non komersial, dengan tujuan untuk menentukan unsur
penyunjang dalam penyusunan sebuah iklan, antara lain headline,
sub headline, thema, illustrasi dan message atau
pesannya. Hal hal yang perlu pelajari antara lain :
1.Objek yang akan
diiklankan
2.Fungsi objek
diiklankan
3.Kepada siapa objek
diiklankan
4.Kapanobjek iklan
akan disampaikan
5.Bagaimana cara
menyampaikan pesan objek iklan
2.
Menentukan Thema dan Unsur Desain
Setelah data-data
objek iklan terkumpul maka penyusunan tema iklan dapat ditentukan sehingga
elemen iklan juga dapat ditentukan antara lain :
1.Headline yang
mendukung tema iklan
2.Illustrasi yang
akan ditampilkan
3.Pesan yang akan
disampaikan
3.
Menentukan Lay out Desain
Pembagian
bidang dengan pertimbangan komposisi bentuk, gradasi warna, kekontrasan ritme, balance,
harmoni atau keserasian dan penentuan dominasi bidang pada objek yang
diiklankan.
4.
Menentukan Teknik Pemotretan
Setelah
menentukan lay out desain maka dilanjutkan dengan proses menetukan teknik
eksekusi gambar dan elemen pendukung objek yang akan diiklankan, dalam hal ini
teknik eksekusi gambar yang sering kali digunakan antara lain :
1.Slow Motion
2.Stop Action
3.Panning
4.Close up
5.Selectitive Focus
6.Depth of Field
7.Zooming
8.Silhoutte
9.Studio Lighting
10.Hi-Key
11.Lo-Key
5.
Proses Visualisasi Desain
Proses
ini berkenaan dengan pelaksanaan keseluruhan tahapan yang tersebut di atas,
yang diaplikasikan lewat media Software Adobe Photoshop dalam
menyelesaikan objek iklan menjadi sebuah Desain Iklan yang siap untuk disajikan
atau disampaikan ke audience lewat media periklanan baik cetak
maupun elektronik.
4.
FOTOGRAFI PRODUK
Fotografi Produk adalah sebuah karya
fotografi yang mevisualisasikan berbagai macam gaya mengkomposisikan suatu
produk perusahaan hingga menimbulkan pencitraan secara khusus berdasarkan misi
yang di bawahnya. Nilai kekuatan pada fotografi produk tergantung dari cara
mengkomposisikan berbagai macam komponen yang ada. Dalam proses pembuatannya
umumnya dilakukan di dalam studio foto atau di ruangan tertentu yang dianggap
memenuhi kriteria artistik dari seorang fotografernya, meskipun demikian tidak
menutup kemungkinan mengambil latar belakang di luar ruangan atau di outdoor
missal pemotretan yang dilakukan di sekitar air tejun, dikenakan konsep
kreatifitasnya menuntut dengan karakter air tang deras. Fotografi kategori
jenis ini sering dipakai sebagai isi atau konten dari majalah-majalah yang
berkaitan dengan life style atau majalah yang berkaitan dengan pola gaya hidup.
Selain itu juga bisa sebagai komponen dari pembuatan sarana iklan setelah
dilakukan pengeditan dengan mencantumkan atau menyertakan model yang terkait
di dalamnya. Selain berguna sebagai isi dari majalah, fotografi ini juga
bisa berdiri sendiri misalnya dalam pameran khusus yang diadakan di gedung
galeri dengan tema tertentu. Banyak karya fotografi pada kategori ini yang ada
di tengah masyarakat baik melalui pameran-pameran foto di berbgai tempat maupun
di majalah-majalah khusus serta di dalam situs internet. Contoh fotografi pada
jenis ini dapat dilihat seperti berikut ini.
Fotografi Produk bagian dari Fotografi Desain
merupakan sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan penggayaan dari
komponen-komponen yang ada hingga terlihat menarik untuk tujuan sebagai
karya yang bisa berdiri sendiri atau bagian dari isi dan konten sebuah Majalah.
Dalam implementasinya pemotretan dari karya ini, bisa dilakukan di dalam studio
atau ruangan tertentu dan juga bisa dilakukan di alam luas atau outdoor.
5.
FOTOGRAFI PERIKLANAN
Fotografi
Periklanan adalah sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan misi tertentu
dari sebuah perusahaan atau instansi melalui pesan yang dikomunikasikan dengan
berbagai macam penggayaan dari komponennya disertai dengan bantuan copy writing
sebagai penegas pesan yang ingin disampaikan. Bentuk atau format dari fotografi
pada kategori ini, bukan berbentuk ukuran pencetakan foto pada umumnya,
melainkan sudah diformat menjadi sebuah karya desain grafis yang jenisnya
bermacam-macam. Nilai kekuatan pada fotografi tergantung dari cara
mengkomposisikan berbagai macam komponen yang ada sesuai dengan konsep kreatif
mewakili pesan tersebut, lewat unsur gambar yang disebut dengan art directing
dan unsur kata yang disebut copy writing. Dalam proses pembuatannya secara umum
dilakukan dengan mengandalkan teknologi komputer grafis lewat program
pengolahan pixel antara lain Adobe Photoshop dan program berbasis vektor yaitu
program Adobe Illustrator. Semua foto yang mewakili pesan dieksekusi secara
terpisah baik yang dilakukan di dalam studio atau di luar studio dan disini
hasilnya diklasifikasikan sebagai foto materi (Coba lihat kategori Fotografi
Materi Produk). Foto materi yang sudah ada tersebut kemudian dilakukan
pengeditanya dengan menggunakan program komputer grafis berdasarkan format
desain yang direncanakan. Hasil dari pengeditan ini dapat diklasifikasikan
sebagai karya desain grafis. Fotografi kategori jenis ini sering dipakai
sebagai sarana material promosi guna mendukung promosi dari produk perusahaan
diantaranya berbentuk Billboard yang dipasang dipinggir jalan, Poster yang
ditempel di berbagai dinding tempat-tempat strategis, leaflet yang di
bagi-bagikan kepada pengunjung serta bentuk lainnya. Banyak karya
fotografi pada kategori ini yang ada di tengah masyarakat baik melalui
pameran-pameran di berbgai tempat maupun iklan di majalah-majalah. Berikut ini
adalah contohnya
Fotografi Periklanan bagian dari Fotografi
Desain merupakan sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan misi khusus lewat
pesan yang dikemas dalam suatu kreatifitas penggayaan model serta komponen
lainnya hingga dapat mempengaruhi massa atau konsumen. Hasil akhir dirubah
dalam bentuk desain grafis yang berfungsi sebagai sarana promosi sebuah produk
perusahaan. Pengeksekusiannya menggunakan program komputer grafis dengan
memanfaatkan foto-foto yang sudah tersedia, kemudian dilakukan pengeditan
berdasarkan konsep cerita yang mewakili pesan tersebut
No comments:
Post a Comment