BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan
teknologi komunikasi dan informasi dekade terakhir ini telah membawa perubahan
besar dalam industri komunikasi yang memungkinkan terjadinya konvergensi media
dengan menggabungkan media massa konvensional dengan teknologi komunikasi. Hal
ini dapat terlihat pada media cetak besar yang ada di Indonesia memanfaatkan
teknologi komunikasi dengan membuat portal berita online. Konvergensi media ini
pula melahirkan jurnalisme baru yaitu jurnalisme online.
Disamping media komunikasi yang telah
terlebih dahulu akrab dan diterima khalayak seperti media cetak dan media
elektronik, media online kini telah menjadi salah satu media komunikasi yang
mulai mendapat banyak perhatian dari masyarakat. Keberadaanya juga mulai menjadi
favorit bagi seluruh lapisan masyarakat.
Online
adalah istilah bahasa dalam internet yang artinya sebuah informasi yang dapat
diakses dimana saja selama ada jaringan internet. Oleh sebab itu jurnalisme
online adalah perubahan baru dalam ilmu jurnalistik. Media online menyajikan
informasi cepat dan mudah diakses dimana saja
Media online (online media) juga berarti
media massa yang tersaji secara online di situs web (website)
internet. Media online adalah media massa
”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid,
majalah, buku– dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi,
dan film/video. Media Online merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik
online –disebut juga cyber journalisme– didefinisikan sebagai
“pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui
internet”.
Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah
media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet).Termasuk kategori media online adalah portal, website,
radio online, TV online (streaming), dan email.
Cyber journalism juga lazim dikenal dengan nama
online journalism dan berbagai ragam jurnalisme "masa kini"
meramaikan pasar media massa abad ini. Pesatnya perkembangan teknologi,
terutama teknologi komunikasi elektronik, membuka peluang jejaring komunikasi
yang semakin asyik dan semakin personal, dengan perangkat yang semakin
ringkas dan bermobilitas tinggi. Jurnalisme ini mengandalkan teknologi Internet
sebagai sarana sebarannya. Cyber journalismjuga berlandaskan cara
kerja dan teknik serta etika yang pada dasarnya berasal dari jurnalisme cetak
dan jurnalisme pendahulunya, seperti radio dan televisi atau jurnalisme media
siaran (jurnalisme siaran).
Di Indonesia, perkembangan teknologi memiliki
banyak implikasi pada seluruh bidang kehidupan manusia. Perkembangan teknologi
yang begitu pesat ikut mempengaruhi proses eksistensi media. Hal tersebut
juga terjadi karena pola perkembangan manusia modern yang cenderung serba
instan. Media massa sedikit banyak akan mengalami pergeseran atau revolusi ke
arah yang lebih canggih. Mulai dari buku, majalah, surat kabar, atau media
cetak lainnya tidak memakai kertas lagi karena kita bisa membacanya secara
online. Perkembangan media online sejalur dengan makin merambahnya internet di
setiap pelosok di Indonesia, serta merebaknya handphone yang bisa dengan mudah
mengakses internet.
1.2 Rumusan
Masalah
1. Apa itu
jurnalis online?
2. Apa saja
jurnalis online di indonesia?
3. Apa keunggulan
dan kekurangan dari jurnalis online?
4. Apa saja kode
etik jurnalis online?
5. Bagaimana cara
menulis berita yang baik sebagai jurnalis online?
6. Bagaimana pengaruh
jurnalis online terhadap jurnalis konfensional ?
1.3 Tujuan
1. Untuk
mengetahui apa itu jurnalis online.
2. Untuk
mengetahui apa saja jurnalis online di Indonsia.
3. Untuk
mengetahui apa keunggulan dan kekurangan dari jurnalis online.
4. Untuk
mengetahui apa sajakode etik jurnalis online.
5. Untuk
mengetahui bagaimana cara menulis berita yang baik sebagai jurnalis online
6. Untuk
mengetahui bagaimana pengaruh jurnalis online terhadap jurnalis konfensional
BAB II
LANDASAN TEORI
2,1
Jurnalus online
Jurnalisme
adalah kegiatan mengumpulkan, menulis, mengedit, menerbitkan berita melalui
koran dan majalah atau memancarkan berita melalui radio, televisi dan
internet. Jurnalisme merupakan bagian dari komunikasi massa secara luas.
Kendati pengertian jurnalisme kini mencakup medium yang sangat luas (termasuk
juga radio, televisi, internet bahkan bioskop), medium dasar dari jurnalisme
adalah suratkabar. Wartawan pada umumnya mengadopsi metode dan prinsip
jurnalisme tradisional pada koran dan majalah.
Jurnalisme
online adalah proses penyampaian informasi atau pesan yang menggunakan internet
sebagai medianya sehingga mempermudah jurnalis dalam melakukan tugasnya. Selama
ini sadar atau tidak kita hanya memahami online dalam artian ditampilkan di
sebuah situs web. Padahal 'online' mencakup berbagai tempat perkara (venue):
web, email, bulletin board system (BBS), IRC, dan lainnya. Tapi tentu bukan
tanpa alasan bahwa kebanyakan jurnalisme online saat ini diselenggarakan di
web.
Harold
Evans, editor Sunday Times di tahun 70-an mengatakan bahwa
jika dulu internet sudah semaju sekarang, maka ia akan melakukan riset
artikelnya tentang Thalidomide (obat) dengan web/ chat interaktif. Ia merasa
bahwa ia akan bisa menghemat banyak waktu melakukan riset data dengan adanya
internet di jaman itu.
2.2 Cara menulis berita online
Sebagai media massa, media
internet (harus) menggunakan kaidah-kaidah jurnalistik dalam sistem kerja
mereka, termasuk dalam penggunaan bahasa jurnalistik dan kaidah bahasa
Indonesia.Tidak ada perbedaan antara bahasa jurnalistik cetak dan jurnalistik
internet karena sama-sama “komunikasi tulisan” atau “bahasa tulis”.
Dengan demikian, karakteristik dan prinsip penulisan
bahasa jurnalistik cetak (suratkabar, majalah, buletin, dan lain-lain), antara
lain hemat kata, ringkas, padat, jelas, logis, kalimatnya pendek-pendek,
sederhana dan mudah dipahami, juga berlaku di media internet. Perbedaannya
hanyalah soal tampilan atau mediumnya. Jurnalistik atau media internet bersifat
virtual sedangkan sajian jurnalistik/media cetak itu tercetak (printed media).
Informal dan
interaktif. Itulah ciri khas tulisan di
website atau media online. “Penulis online
dapat berkomunikasi dengan pembaca mereka dalam bentuk yang lebih variatif dari
tulisan tradisional,” kata Robert Niles dalam artikelnya, ”How
to write for the Web”, di situs The Online Journalism Review (ojr.org).
”Gaya tulisan demikian akan
membuat pembaca Anda merasa nyaman membaca kata-kata Anda,”kata Niles. ”Seperti
yang mereka rasakan ketika berbicara dengan seorang teman dekat.”
Nile memberi resep buat para blogger. Katanya, tuliskan di blog Anda yang
Anda ketahui, termasuk pengalaman. “Bila Anda tidak tahu sesuatu,
jangan takut mengakuinya. “Blogger hebat memandang posting mereka sebagai
komentar pertama dalam sebuah percakapan, bukan kata akhir sebuah topik
pembicaraan.”
Secara umum, berikut ini resep
Niles tentang cara menulis yang baik di website:
·
Short –ringkas, the
shorter the better.
·
Active voice –gunakan kalimat aktif.
·
Strong verbs –pilih kata kerja yang kuat.
·
Contextual hyperlinking –lengkapi dengan tautan
informasi terkait; memungkinkan pembaca memperkaya pengetahuan dan informasi
pendukung.
·
Use formatting –gunakan variasi tampilan huru atau kalimat, misalnya dengan menggunakan
daftar (list), headertebal, dan kutipan (blockquotes).
·
Easy to read – mudah dibaca; jangan ada
blok teks/alinea yang lebih dari lima baris.
2.3 Kelebihan dan Kekurangan Media Online
Keunggulan media online dibandingkan media konvensional (cetak/elektronok)
antara lain:
·
Kapasitas luas –halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
·
Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
·
Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
·
Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
·
Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
·
Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
·
Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
·
Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom
komentar, chat room, polling, dsb.
·
Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat
ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
·
Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi
tersaji.
(By ASM.
Romli/www.romeltea.com, diolah dari berbagai sumber).*
Kekurangan Media Online:
·
Tidak ada ukuran pasti tentang siapa penerbit berita online, sehingga
dapat diklaim oleh beberapa pihak.
·
Adanya kecenderungan mudah lelah saat membaca sajian di berita-berita
online yang panjang.
·
Tidak selalu
tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online
biasanya tidak seakurat media lainnya.
·
Banyak terjadi kesalahan penulisan yang dikarenakan ketergesa-gesaan
dalam proses penulisan.
·
Berpotensi mengakibatkan cyber crime (kejahatan dunia maya) seperti
pencuikan, penipuan, dan berbagai tindak criminal lainnya.
·
Menurunnya minat
baca di perpustakaan akibat lebih praktisnya media online.
·
Meningkatkan
plagiat akibat mudah dicurinya karya-karya yang tersaji di media online.
2.4. Kode Etik Media Online
Nicholas Johnson mantan
Komisioner Komisi Komunikasi Amerika Serikat (AS) dan penulis buku How to Talk
Back to Your Television Set yang juga Dosen Ilmu Hukum di Iowa College of Law
(AS), memberikan catatan hal-hal mendasar tentang kode etik dalam penulisan
jurnalistik online :
1.
Dilarang
menyerang kepentingan individu, pencemaran nama baik, pembunuhan
karakter/reputasi seseorang.
2.
Dilarang
menyebarkan kebencian, rasialis, dan mempertentangkan ajaran agama.
3.
Larangan
menyebarkan hal-hal tidak bermoral, mengabaikan kaidah kepatutan menyangkut
seksual yang menyinggung perasaan umum, dan perundungan seksual terhadap
anak-anak.
4.
Dilarang
menerapkan kecurangan dan tidak jujur, termasuk menyampaikan promosi/iklan
palsu.
5.
Larangan
melanggar dan mengabaikan hak cipta (copyright)
dan Hak Atas Karya Intelektual (HAKI, atau Intelectual Property Right/IPR).
Sementara itu, Cuny Graduate School of Journalism
yang didukung Knight Foundation melalui halamannya di http://www.kcnn.org mencatat 10 langkah utama bagi cyberjournalist
–termasuk kalangan citizen journalist dan blogger-- supaya terhindar dari
masalah hukum, yakni:
1.
Periksa dan
periksa ulang fakta,
2.
Jangan gunakan
informasi tanpa sumber yang jelas.
3.
Perhatikan kaidah hukum
4.
Pertimbangkan
setiap pendapat,
5.
Utarakan rahasia
secara selektif,
6.
Hati-hati terhadap apa yang diutarakan,
7.
Pelajari batas daya ingat,
8.
Jangan lakukan
pelecehan,
9.
Hindari konflik
kepentingan,
10.
Peduli nasehat
hukum.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Apa itu jurnalis online?
Jurnalisme
adalah kegiatan mengumpulkan, menulis, mengedit, menerbitkan berita melalui
koran dan majalah atau memancarkan berita melalui radio, televisi dan
internet. Jurnalisme merupakan bagian dari komunikasi massa secara luas.
Kendati pengertian jurnalisme kini mencakup medium yang sangat luas (termasuk
juga radio, televisi, internet bahkan bioskop), medium dasar dari jurnalisme
adalah suratkabar. Wartawan pada umumnya mengadopsi metode dan prinsip
jurnalisme tradisional pada koran dan majalah.
Jurnalisme
online adalah proses penyampaian informasi atau pesan yang menggunakan internet
sebagai medianya sehingga mempermudah jurnalis dalam melakukan tugasnya. Selama
ini sadar atau tidak kita hanya memahami online dalam artian ditampilkan di
sebuah situs web. Padahal 'online' mencakup berbagai tempat perkara (venue):
web, email, bulletin board system (BBS), IRC, dan lainnya. Tapi tentu bukan
tanpa alasan bahwa kebanyakan jurnalisme online saat ini diselenggarakan di
web.
Namun,
ini tidak berarti bahwa tak ada venue lain yang dapat dipakai untuk
menyelenggarakan jurnalisme online di Internet.Jurnalisme online menjadi
berbeda dengan jurnalisme tradisional yang sudah dikenal sebelumnya (cetak,
radio, TV) bukan semata-mata karena dia mengambil venue yang berbeda; melainkan
karena jurnalisme ini dilangsungkan di atas sebuah media baru yang mempunyai
karakteristik yang berbeda -baik dalam format, isi, maupun mekanisme dan proses
hubungan penerbit dengan pengguna atau pembacanya.
Jurnalisme
online lahir pada tanggal 19 januari 1998, ketika Mark Drugle membeberkan cerita
perselingkuhan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dengan Monica Lewinsky
atau yang sering disebut monicagate. Ketika itu Drugle berbekal sebuah laptop
dan modern, menyiarkan berita tentang monicagate melalui internet. Semua orang
yang mengakses internet segera mengetahui rincian cerita monicagate.
Sedangkan
di Indonesia, Jurnalisme Online kebanyakan
lahir pada saat jatuh-nya pemerintahan Suharto di tahun 1998, dimana alternatif
media dan breaking news menjadi komoditi yang di cari banyak pembaca. Dari
situlah kemudian tercetus keinginan membentuk berbagai jurnalisme online.
Detik.com barangkali merupakan media online
Indonesia pertama yang di garap secara serius. Tidak heran karena pendirinya
kebanyakan dari media, Budiono Darsono (eks wartawan Detik), Yayan Sopyan (eks
wartawan Detik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugraha. Server detik.com sebetulnya sudah siap diakses pada 30
Mei 1998, namun mulai online dengan sajian lengkap pada 9 Juli 1998. Jadi
tanggal 9 Juli ditetapkan sebagai hari lahir Detik.com.
Detik.com yang update-nya tidak lagi menggunakan
karakteristik media cetak yang harian, mingguan, bulanan. Yang dijual
detik.com adalah breaking news. Dengan bertumpu pada tampilan apa adanya
detik.com menjadi media jurnalisme online pertama yang melesat sebagai situs
informasi digital paling populer di kalangan pengguna internet Indonesia.
Masa
awal detik.com lebih banyak terfokus pada berita politik, ekonomi, dan
teknologi informasi. Baru setelah situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai
membaik, detik.com memutuskan untuk juga melampirkan berita hiburan, dan
olahraga.
Media
online detik.com di Indonesia yang telah sukses menyajikan ragam berita, selain
itu kantor berita Nasional Antara juga menggunakan teknologi internet. Seiring
berjalannya waktu, media online mulai bermunculan seperti astaga.com,
satunet.com, suratkabar.com, berpolitik.com, dan ok-zone.com. Dengan lahirnya
media online maka media cetakpun tidak mau kalah, dengan dua penyajian media
cetak dan media online seperti kompas.com, temporaktif.com, republika.com,
pikiran-rakyat.com, klik-galamedia.com, dan masih banyak lagi. Itu adalah
langkah baru berkembangnya teknologi yang telah melahirkan jurnalisme online.
3.2 Apa saja jurnalis online di Indonesia?
Di Indonesia, perkembangan teknologi memiliki
banyak implikasi pada seluruh bidang kehidupan manusia. Perkembangan teknologi
yang begitu pesat ikut mempengaruhi proses eksistensi media. Hal tersebut
juga terjadi karena pola perkembangan manusia modern yang cenderung serba
instan. Media massa sedikit banyak akan mengalami pergeseran atau revolusi ke
arah yang lebih canggih. Mulai dari buku, majalah, surat kabar, atau media
cetak lainnya tidak memakai kertas lagi karena kita bisa membacanya secara
online. Perkembangan media online sejalur dengan makin merambahnya internet di
setiap pelosok di Indonesia, serta merebaknya handphone yang bisa dengan mudah
mengakses internet.
Beberapa
perusahaan media massa yang mulai merambah online diantaranya :
1. Kompas.com.
Sebelumnya
perusahaan kompas hanya membuat kompas.com untuk selingan dan untuk
mengantisipasi menjamurnya media massa online di Indonesia, namun sekarang
sudah termasuk sukses dalam pengelolaannya.
2. Okezone.com.
Okezone.com
muncul pada awal 2008 dengan penampilan lebih praktis dan memudahkan pembaca
berselancar di kanal-kanal pemberitaan.
3. Detik.com
Sudah
ada sejak 9 juli 1998
4. Tempointeraktif.com
5. Vivanews.com
6. Metrotv.com
7. Liputan6.com
Dan
masih banyak lagi, baik yang berupa forum online, atau berformat seperti koran
online. Pergerakan itu merupakan upaya pemilik modal untuk merespon
perkembangan peradaban. Dimana masyarakat memiliki sifat dasar ingin
mendapatkan pelayanan praktis dalam berbagai hal. Bidang komunikasi memang
tidak dapat dipisahkan dari semua perkembangan teknologi yang berimbas pada
perkembangan media.
3.3 Apa saja keunggulan dan kekurangan dari
jurnalis online?
Keunggulan jurnalisme online dibandingkan jurnalisme
konvensional (cetak atau elektronik) antara lain:
1) Kapasitas luas halaman web bisa menampung naskah sangat
panjang.
2) Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di
mana saja.
3) Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
4) Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua
orang.
5) Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
6) Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan
kecepatan penyajian.
7) Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan
kapan saja.
8) Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya
fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.
9) Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data”
(arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas
”cari” (search).
10) Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang
berkaitan dengan informasi tersaji.
Kelebihan
jurnalisme online, seperti yang tertulis dalam buku Online Journalism.
Principles and Practices of News for The Web (Holcomb Hathaway
Pulblishers,2005):
1) Audience
Control
Jurnalisme
Online memungkinkan audiens untuk bisa lebih leluasa dalam memilih berita yang
ingin didapatkannya.
2) Nonlinearity
Jurnalisme
Online memungkinkan setiap berita yang disampaikan dapat berdiri sendiri
sehingga audience tidak harus membaca secara berurutan untuk memahami berita
tersebut.
3) Storage and
Retrival
Online
jurnalisme memungkinkan berita tersimpan dan diakses kembali secara mudah oleh
audiens.
4) Unlimited
Space
Jurnalisme
online memungkinkan jumlah berita yang disampaikan atau ditayangkan kepada
audiens dapat menjadi jauh lebih lengkap ketimbang media lainnya.
5) Multimedia
Capability
Jurnalisme
online memungkinkan bagi tim redaksi untuk menyertakan teks, suara, gambar,
video dan komponen lainnya didalam berita yang akan diterima oleh audiens.
6) Interactivity
Jurnalisme
online memungkinkan adanya peningkatan partisipasi audiens dalam setiap berita.
Kekurangan Media Online:
1. Tidak ada ukuran pasti tentang siapa penerbit berita
online, sehingga dapat diklaim oleh beberapa pihak.
2. Adanya kecenderungan mudah lelah saat membaca sajian
di berita-berita online yang panjang.
3. Tidak selalu
tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online
biasanya tidak seakurat media lainnya.
4. Banyak terjadi kesalahan penulisan yang dikarenakan
ketergesa-gesaan dalam proses penulisan.
5. Berpotensi mengakibatkan cyber crime (kejahatan dunia
maya) seperti penculikan, penipuan, dan berbagai tindak criminal lainnya.
6. Menurunnya
minat baca di perpustakaan akibat lebih praktisnya media online.
7. Meningkatkan
plagiat akibat mudah dicurinya karya-karya yang tersaji di media online.
3.4 Apa saja
kode Etik jurnalis online?
Nicholas Johnson mantan Komisioner Komisi
Komunikasi Amerika Serikat (AS) dan penulis buku How to Talk Back to Your
Television Set yang juga Dosen Ilmu Hukum di Iowa College of Law (AS),
memberikan catatan hal-hal mendasar tentang kode etik dalam penulisan
jurnalistik online :
1. Dilarang
menyerang kepentingan individu, pencemaran nama baik, pembunuhan karakter atau
reputasi seseorang.
2. Dilarang
menyebarkan kebencian, rasialis, dan mempertentangkan ajaran agama.
3. Larangan
menyebarkan hal-hal tidak bermoral, mengabaikan kaidah kepatutan menyangkut
seksual yang menyinggung perasaan umum, dan perundungan seksual terhadap
anak-anak.
4. Dilarang
menerapkan kecurangan dan tidak jujur, termasuk menyampaikan promosi atau iklan
palsu.
5. Larangan
melanggar dan mengabaikan hak cipta (copyright) dan Hak Atas Karya
Intelektual (HAKI, atau Intelectual Property Right/IPR).
Sementara
itu, Cuny Graduate School of Journalism yang didukung Knight Foundation melalui
halamannya dihttp://www.kcnn.org mencatat
10 langkah utama bagi cyber journalist termasuk kalangan citizen
journalist dan blogger supaya terhindar dari masalah hukum, yakni:
a) Periksa dan
periksa ulang fakta,
b) Jangan gunakan
informasi tanpa sumber yang jelas.
c) Perhatikan
kaidah hukum
d) Pertimbangkan
setiap pendapat,
e) Utarakan
rahasia secara selektif,
f) Hati-hati
terhadap apa yang diutarakan,
g) Pelajari batas
daya ingat,
h) Jangan lakukan
pelecehan,
i) Peduli nasehat
hukum.
3.5 Bagaimana
cara menulis berita yang baik sebagai jurnalis online?
Kalimat
Anda
harus selalu berusaha menulis secara langsung. Struktur dasar dari
kata kerja, dan kemudian perihal object merupakan model suara. Jadi, anak
laki -laki kedapatan bola, tidak bola tertangkap oleh anak
laki-laki.
Kalimat-kalimat
yang mulai dengan klausa subordinat dapat contoh lain dari tulisan tidak
langsung. Setelah saya selesai cangkir teh ini, saya akan pergi ke
taman adalah self-ternyata tidak langsung dari saya akan pergi
ke
Taman setelah saya selesai cangkir teh ini. Jika anda menemukan diri anda
menjalankan hukuman dengan 'setelah', 'dpada waktu', 'walaupun', dsb.,
Menyimpan
kalimat anda dan ke point pendek. Anda dapat memulai kalimat anda dengan baik,
dengan klausa utama, tetapi masih menemukan ia trailing mati dalam
ketidakpraktisan klausa yang lebih rendah. Ini akan memerlukan menulis ulang
sebagai kalimat lebih pendek.
Peraturan
yang baik untuk menghindari membelitkan kalimat ini untuk membatasi
masing-masing untuk berkomunikasi satu pemikiran dasar atau macam informasi. Tetapi
menghindari melakukan semua kalimat anda dan snappy pendek.
Hal ini dapat menimbulkan bau staccato, senjata mesin yang mengenakan efek
untuk pembaca. Campuran panjang kalimat dapat meningkatkan Ritme tulisan Anda.
Ia juga menonjolkan aspek ketimpangan kekuasaan yang dramatis, dampak ringan
bila Anda menggunakannya untuk tujuan itu.
Gunakan
tanda baca dengan benar. Koma harus digunakan di mana ada jeda dalam kalimat
mental. Hukuman dapat membingungkan atau bahkan menyesatkan tanpa mereka. Tetapi
menggunakan terlalu banyak, dan hukuman anda batuk dan splutters halaman di
sepanjang, membuat sedikit headway. Jika anda menggunakan banyak koma, mungkin
menunjukkan bahwa lagi ini kalimat anda memerlukan pembelahan menjadi beberapa
orang-orang yang lebih kecil. A
Kata-kata
Sebagai
Keith Waterhouse (1989) ulasan 'setiap firman yang masuk ke mencetak harus
memiliki sesuatu untuk berkata'. Jadi:
·
Jangan
menggunakan kata-kata lebih dari yang anda perlukan;
·
Menghindari
kata lama jika tersedia alternatif-alternatif yang lebih pendek;
·
Menghindari
kata dengan maksud rumit jika alternatif yang lebih sederhana tersedia;
·
Gunakan
kata-kata dengan beton, bukannya abstrak, maksud apabila mungkin;
·
Jelaskan
secara spesifik daripada menggunakan generalities; _ memberikan
kata-kata maksud yang betul mereka.
Selain
untuk panduan ini, anda juga harus mengetahui sebagian dari perangkap gajah
menunggu wartawan yang tidak berpengalaman. Berikut adalah beberapa dari.
Penggunaan
yang sering atau adverbs untuk membuat kata bentukan 'cerita pompa
naik sering memiliki efek yang berlawanan. Sebagai Waterhouse menempatkan
ia: "Anak sebuah dalam pemutaran intro kecap bentukan dari tidak berbuat
banyak untuk meningkatkan rasanya'.
Mengungkapkan
fakta-fakta kisah jelas dan dengan gigih harus memberikan semua dampak yang
diperlukan. Jika anda memiliki untuk mendongkrak cerita bentukan dengan
pertanyaan apakah itu, senilai menulis pada tempat pertama.
Menghindari
penggunaan clich yang berlebihan 'es. Mereka dapat trite dan lelah. Yang tidak
untuk berkata clich'es harus dihindari seperti wabah. Sebagai Penjual
menjelaskan: 'Clich 'e mencacah tidak patut untuk mendapatkan dari tangan.
Dalam
Banyak
kasus, clich' e adalah ungkapan yang akrab hangat pembaca mengenali, yang
menempatkan sesuatu dalam sejumput.'
Anda
harus filter keluar semua jargon dan 'officialese'. Hal ini tidak akan sulit
bagi para jurnalis yang telah untuk menemukan apa yang berarti dalam istilah
sederhana jargon apapun, untuk memahami cerita. Setelah ia memiliki 'bahasa
mudah' penjelasan, kelihatannya jelas untuk menggunakannya dalam akun tertulis.
Sebagai gantinya, terlalu banyak wartawan mundur kembali ke palma dunia gelap
jargon ketika akhirnya menulis cerita mereka. Bagaimana mereka mengharapkan
pembaca mereka untuk memahami bahasa abu-abu, mati sama yang membingungkan
mereka, para wartawan, di tempat yang pertama?
Ada
tiga alasan mengapa kalimat ini sebuah contoh dari tulisan baik:
·
Gagasan
bahwa ia berkomunikasi adalah, kosongkan dan apposite;
·
Bahasa
yang digunakan sederhana dan secara langsung. Tetapi dalam bahwa kalimat pendek
Evans juga mencakup perdampingan antara dua jelas berlawanan di 'vivid' dan
'ekonomi'. Efek adalah kedua penangkapan dan kejadian;
·
Letakkan
kedua-dua sifat bersama - kesederhanaan langsung dari kedua bahasa dan pesan
dengan kalimat sandi yang menakjubkan pada akhir - dan hukuman, dan ini adalah
kecantikannya, ini benar-benar apa yang dikatakannya.
Evans'
kalimat mungkin tampak biasa tetapi, dalam waktu kurang tangan-tangan terampil,
sentimen ia mengungkapkan dapat merosot terlalu mudah ke clich ' e.
"Merayakannya dan ketat" mungkin kurang-lebih berarti terang hal yang
sama tetapi tidak mulai mengatakan hal yang sama. Dan yang
membuat semua perbedaan.
Struktur cerita
Penggunaan
kata-kata yang benar dan kalimat meningkatkan komunikasi semuanya ditulis.
Tetapi bagaimana dengan khususnya berita? Bagaimana cara Anda memanfaatkan-core
keterampilan menulis ke persyaratan tambahan untuk meringkas sebuah peristiwa-peristiwa
yang rumit atau informasi dalam gaya langsung dan ruang terbatas?
Dua
hal mengisi pikiran wartawan ketika mereka menulis - ide-ide dan bahasa.
Bahasa, seperti yang telah kita lihat, bentuk yang penting dan struktur kalimat
dan paragraph. Tetapi ide-ide membentuk struktur cerita. Dan Struktur cerita
adalah asas kepada para pembaca anda' pemahaman tentang pesan Anda. Sebagai
Randall Daud (1999) menjelaskan, dalam bukunya Wartawan Universal:
'bagian
terpenting dalam menulis adalah apa yang terjadi di dalam kepala anda antara
menyelesaikan penelitian anda dan menempatkan perkataan pertama ke bawah. Anda
harus berpikir tentang bahan anda dan memutuskan apa yang ia inginkan dan tentang
apa yang ingin anda lakukan dengannya.
Komposisi
adalah tidak hanya kata-kata berdebar-debar bisnis, ia adalah bisnis
mengorganisir berpikir. Tidak di kira bagaimana ajaibnya anda di conjuring
frasa aneka warna atau celetukannya ulasan, jika anda tidak mendapat ide yang
jelas tentang apa yang anda inginkan untuk mengatakan bahwa ia akan
menunjukkan.'
Dalam
berita tradisional menulis, struktur cerita, khususnya pengenalan atau
memimpin, dapat dipengaruhi oleh penting dalam memberikan nilai berita maksimum
untuk pembaca anda dengan cepat. Hal ini khususnya benar dalam acara aksi atau
didorong kisah-kisah seperti insiden-insiden kecelakaan atau kejahatan.
Wartawan sering mengatakan kisah-kisah ini 'menulis sendiri', mengurangi
kebutuhan untuk pendekatan asli atau perspektif dari reporter. 'Ide-ide' di
sini dapat hanya bermakna cekap rangkuman informasi penting diinfuskan dengan
halus detil kohort keghairahan.
Walau
demikian, masalah atau informasi didorong kisah-kisah adalah hal yang lain.
Wartawan di sini diharapkan untuk menjelaskan dan menafsirkan dan kebanyakan
berasal dari hati menstrukturkan semula pengenalan dan cerita.
Jadi,
sebagai wartawan, kami menulis dengan ide-ide mengenai cara untuk menyampaikan
pesan kami, baik informasi faktual atau emosi manusia.
Anda
memerlukan kedua-dua struktur yang jelas dan kata-kata yang tepat; dan ketika
ide-ide dan datang bersama secara efektif bahasa, jurnalis menemukan suara ''
mereka, mereka yang khas melihat dan ekspresinya.
Konstruksi
cerita adalah keasyikan kebanyakan penulis. Tetapi dalam jurnalisme ia memiliki
arti penting khusus. Para wartawan harus lagi terasa aneh jika Anda memegang
tiga essentials saat menulis cerita mereka:
·
Mengidentifikasi
elemen-elemen cerita yang akan dari bunga terbesar ke pembaca mereka;
·
Struktur
cerita dengan cara yang akan memberikan elemen-elemen yang efektif sebagai
mungkin;
·
Menghadirkan
mereka dengan cara yang akan membuat penggunaan maksimum medium mereka bekerja
dalam dan melibatkan jumlah maksimal pembaca untuk waktu yang panjang maksimal.
Surat
kabar dan biasanya ini berarti memproduksi penyiaran sebuah cerita tunggal
dengan disusun secara hati-hati awal, tengah dan akhirnya. Ini adalah sebuah
konstruksi linear. Permulaan membawa ke pertengahan, yang membawa kepada
kesudahannya. cerita ini ditulis atau direkam untuk dikonsumsi dalam urutan
itu. Jika anda melanggar hubungan itu, misalnya dengan mulai membaca, melihat
atau mendengar potong digoyang selama, anda tidak dapat mengharapkan untuk
memahami sepenuhnya apa yang kemudian berikut.
Sebelum
kita melihat cerita online secara rinci konstruksi, mari kita membiasakan diri
kita dengan paling terkenal dan paling diterima secara luas model bagi linear
tradisional berita konstruksi. Seperti yang akan kita lihat nanti, ia mungkin
masih memiliki menggunakan.
Piramid
Siapa
saja yang akrab dengan buku-buku acuan jurnalisme akan mengetahui semua tentang
struktur piramida, digunakan untuk kisah-kisah dalam surat kabar berita dan
siaran seluler. Secara ringkasnya intisari sebuah cerita harus ditempatkan di
bagian atas piramid, dengan pengembangan lebih lanjut dan amplifikasi terhadap
poin-poin utama di bawah ini, sebelum akhirnya tapering keluar ke dasar materi
latar belakang.
Beberapa
orang menggunakan model 'piramida diubah receiver' - piramid sanding pada
kepalanya. Bersama dengan Wynford Hicks (1999), saya tidak dapat memahami
alasan untuk hal ini. Model bekerja jauh lebih baik dalam normal posisi tegak
lurus dengan basis luas di bagian bawah. Dengan cara itu bentuk piramida, dari
atas ke bawah, mencerminkan baik arti penting dan jumlah yang
akan ditulis. Dalam posisi yang diubah receiver, ia hanya mencerminkan
kepentingan (bagian terbesar yang berada di bagian atas). Harap jangan menulis
pendahuluan yang lima belas kali lebih besar daripada bahan latar belakang di
akhir cerita.
Dalam
bentuk piramida menawarkan dua manfaat. Pertama, pembaca dapat mendapatkan
esensi dari cerita dengan membaca hanya pengenalan. Kedua, sub-editor surat
kabar, menekan untuk ruang dan waktu, dapat memangkas berbentuk piramida
kisah-kisah dari bawah ke atas dan tidak memusnahkan pengertian mereka.
Intros
Jadi,
apa yang masuk ke puncak piramida, atau untuk menggunakan analogi yang lebih
moden, hidung kerucut roket? Yang penting, intro. Paragraf pertama. Ini adalah
yang paling umum yang dapat mengakibatkan stress dan kesakitan dalam jurnalis
muda yang harus menulis mereka dan sub-editor yang lebih tua yang harus membaca
mereka (dan menulis ulang mereka).
Menulis
intros baik tidak mudah. Sebagai Waterhouse (tahun 1989) menunjukkan: 'Yang
pertama telah untuk berisi-paragraf esensi dari cerita dalam mungkin 25
kata-kata.' Maka, seperti piramida kami, kisah kipas secara bertahap,
menggunakan sama keluar untuk memperluas prinsip pada dasarnya dalam tiga atau
empat paragraf.
Apa
yang masuk ke orang-orang yang mengambil paragraf awal ditambahkan penting saat
menulis untuk online. Orang sering memindai kisah-kisah pada halaman web.
Mereka ingin mendapatkan ke titik dengan cepat. Juga, kisah-kisah dapat
'top-irisan' (menggunakan beberapa pertama paragraf) untuk distribusi untuk telepon
seluler dan agenda pribadi. Untuk membantu, Berita BBC Online ini memiliki '4
peraturan nominal'. Wartawan Online (2000) adalah BBC's
Handbook untuk berita mereka wartawan Online. Ia menyatakan bahwa sebagai
banyak informasi penting sebagai mungkin harus pergi ke empat perintah pertama
paragraf sebuah cerita, termasuk konteks dan latar belakang, ini adalah untuk
memastikan bahwa cerita akan masuk akal jika empat yang pertama telah dibaca
dalam isolasi paragraf. Juga, setiap paragraph harus memiliki tujuan yang jelas
dan struktur sederhana. Harus membatasi diri untuk wartawan satu gagasan per
paragraph.
Disiplin
ini menjadi sangat penting saat anda menganggap bahwa para wartawan di Berita
BBC Online adalah menyetel batas kata 400-500 kata-kata untuk kisah utama dalam
keseluruhannya (orang-orang di bagian atas tiga dari indeks) dan 250-350
kata-kata untuk cerita lain. Tidak banyak ruang untuk tidak perlu atau
membelitkan. Sebagai wartawan Online menjelaskan:
·
Semua
kisah harus ditulis dalam cara yang jelas dan roda
·
Kami
menulis untuk penonton umum dan satu global. Kita harus tidak menganggap
terlalu banyak pengetahuan. Pentingnya cerita - mengapa kita harus peduli -
perlu pagi yang ditandai
Pada,
sebagai harus dampak pada orang-orang biasa. Eja itu setiap kali!'
Jadi
permulaan cerita - pemutaran intro - sangat penting. Tetapi bagaimana anda
memilih apa yang terjadi di dalamnya?
Di
sini kita harus membuang fikiran kita kembali ke Bab 2, ketika kita
menganalisis pemicu yang membuat pembaca menganggap ada sesuatu yang
menganggpa. Mencari relevansi, wahyu dan petunjuk yang terang-terangan bersifat
ur mengumpulkan-dalam' informasi. Menulis cerita ini merupakan kelanjutan dari
bahwa proses pelaporan. Mengapa kita melupakan sifat-sifat ini apabila kita
memilih apa yang kita 'sakhir' dalam tulisan kita?
Jadi,
ketika membangun pemutaran intro, anda harus anda mencari informasi yang baru
(wahyu) ke pembaca Anda dan juga akan pegang ketertarikan mereka melalui yang
tidak biasa atau dramatis yang terang-terangan bersifat (). Sebagai Tuhan
Nortchliffe, 'berita dari adalah sesuatu yang biasa-biasa'. Tetapi elevance
cerita ke pembaca ini juga harus dieja keluar dengan segera. Ini adalah mengapa
para wartawan pada surat kabar lokal selalu mengajar untuk mendapatkan sebuah referensi
geografis dari area mereka ke dalam kalimat pertama dari cerita apa pun. Ia
menekankan relevansi cerita. Demikian pula yang bersifat sementara acuan (hari
ini, besok, dsb.)
Menekankan
bahwa berita ini yang terjadi dalam masyarakat mereka sekarang, meningkatkan
relevansi dan wahyu.
Namun,
satu lagi mutlak bagi pemutaran intro adalah bahwa ia harus pendek. Selalu ada
ketegangan antara apa yang anda ingin berkata dan ruang yang tersedia. Semakin
banyak anda membuat dari tuntutan pemutaran intro, semakin besar kemungkinan
bahwa ia akan menjadi kembung dan terlalu rumit. Anda harus berpikir tentang
berita pemicu keras dalam cerita anda, menjadi kejam dalam seleksi anda tetapi
tetap mencoba menghantam sebagaimana yang banyak orang sebagai kemungkinan dalam
pertama anda 25 kata-kata. Sebagai Penjual (1968), yang: 'Kejelasan, proses,
informasi - dan titik berita yang akan mulai orang berbicara. Ini adalah sifat
untuk mencari'.
Pada
dasarnya, sebuah tempat pemutaran intro sejumlah signposts untuk pembaca, yang
menunjukkan informasi yang akan diperjelas dan amplified dalam paragraf yang
mengikuti. Dan pilihan anda dari kata-kata ini, sebagai penting kritis
pengkajian yang paling mudah memicu, referensi lokasi, menggambarkan.
Bayangkan
Anda menulis tentang rencana untuk membangun sebuah karya kimia di pinggiran
kota 'Bloggstown', di sebelah ruang terbuka publik populer mengunjungi secara
teratur oleh orang-orang dari kota dan desa-desa. Anda ingin menyertakan semua
lokasi ini titik referensi dalam cerita anda karena mereka akan memaksimalkan
relevansinya dengan pembaca. Tetapi meletakkan semua ke dalam kalimat pertama,
dan anda akan berjuang untuk menghasilkan apa pun dapat dibaca. Jadi anda
membatasi diri pada satu lokasi: rujukan di dalam kalimat pertama. Kemudian
membangun dari sana, memperketat lokasi fokus dalam berhasil paragraf. Intisari
dari pemutaran intro anda dapat 'perusahaan lain untuk membangun pabrik kimia
di luar Bloggstown'. Hal ini segera mendapat perhatian
Orang-orang
Bloggstown. Tetapi ia tidak sangat spesifik. Keberadaan di luar Bloggstown?
Sifat umum lokasi di pemutaran intro akan berpotensi melibatkan kepentingan
semua orang-orang yang tinggal di luar kota - utara, selatan, timur dan barat.
Tetapi waspadalah terhadap pendekatan catch ini. Anda harus secara spesifik
Segera
dalam cerita dan orang-orang yang bunga/kekhawatiran telah membangkitkan, hanya
untuk menemukan cerita ini mempunyai sedikit relevans kepada mereka karena
mereka hidup pada sisi lain, akan membantu pemerintah kota itu dalam
bilangan-bilangan yang besar, merasakan sedikit ditipu.
Bagaimana
tentang 'rencana perusahaan untuk membangun pabrik kimia untuk Bloggstown
berikutnya keindahan spot." Ini adalah lebih spesifik (bahkan jika ada
lebih dari satu titik kecantikan lokal, ini dapat dijelaskan dalam kalimat
berikutnya). Jadi, tentu saja akan menarik masyarakat geografis yang hidup di
dekat ruang terbuka dalam pertanyaan umum.
Tetapi
sebagai tambahan dari kata-kata sederhana 'keindahan spot' juga akan memperluas
relevansi cerita. Ia akan melibatkan masyarakat lain, sebuah masyarakat suku -
semua orang-orang pecinta alam yang sering melakukan perjalanan dari mil
sekitar untuk mengunjungi keindahan spot (dan yang mungkin datang dari area
geografis yang lebih luas, sehingga memperluas Lokasi: relevansi di luar 'di
luar Bloggstown').
Kata-kata
tambahan juga membuat berita lain yang memicu terang-terangan -. Perdampingan
antara pabrik kimia dan keindahan spot elemen menambahkan perselisihan atau
bahkan drama yang meningkatkan nilai pemicu dari lokasi: relevansi.
Mungkin
kelihatannya faintly menggelikan untuk mempertimbangkan untuk menggunakan dua
perkataan di kedalaman seperti itu. Tetapi ini adalah apa yang harus dilakukan,
dan wartawan mudah-mudahan menikmati. Dengan, ia akan menjadi praktik hampir
sebuah proses naluriah. Tetapi wartawan terbaik masih terus-menerus bekerja dan
tulisan mereka, tidak pernah pemandangannya puas dengan apa yang mereka telah
dihasilkan. Tujuannya adalah untuk membuat setiap kata dalam sebuah pemutaran intro
(dan di mana pun berada di bagian anda) menjadikan dirinya jagung. Setiap kata
ada oleh ke kanan. Tidak ada penumpang diizinkan. Anda harus selalu mencoba
untuk mengurangi kata-kata tersebut, namun memaksimalkan nilai berita kapanpun
menulis atau mengedit teks anda sendiri.
Ini
berarti mendapatkan ke arah tujuan utama cerita dengan segera. Coba
untuk membuat perkataan pertama yang kuat, satu tertentu. Jangan menenggelamkan
para pembaca anda dalam sup buram sidang-sidang, komite, chairmen ./perempuan
dan departemen TI. Jika tubuh ini telah membuat keputusan penting (tidak selalu
kasus), katakanlah kepada reader apa yang dan apa yang akan memiliki efek pada
mereka. Detail halus dari tubuh yang
Membuat
keputusan dapat terjadi setelah beberapa paras. pertama
Juga,
menghindari menjalankan pemutaran intro dengan petikan langsung. Orang tidak
tahu siapa yang Membaca bismillah mereka. Menghindari memperkenalkan
fakta-fakta tidak dikenali, peristiwa-peristiwa atau orang di sangat mulai
sebuah cerita karena dapat membingungkan
Reader.
Kekeliruan dengan cepat membawa detil dan kemudian pemutusan hubungan, terutama
di memindai lingkungan online.
BBC
adalah mengetahui hal ini genting pegangan di perhatian pembaca online dan
membuat perbandingan yang menarik dengan siaran seluler: 'Pada TV dan radio,
Anda kadang-kadang harus memimpin para pendengar/
Para
pemirsa ke dalam cerita secara perlahan. Pada Web, anda perlu mendapatkan
segera ke dalam kisah' (Wartawan Online, 2000).
Ini
adalah mengapa beberapa koran lain teknik pemutaran intro kurang berhasil untuk
online. Yang paling terkenal adalah mungkin penurunan yang tertunda. Ini adalah
di mana arah tujuan utama cerita, raison d'ˆetre jadi untuk
berbicara, tidak dalam paragraf pertama. Sebaliknya, diletakkan kemudiannya di
dalam cerita ini, para pembaca biasa led secara perlahan ke arah oleh sebuah
gaya penulisan.
Berita Utama
Harold
Evans (2000) adalah tidak ragu lagi tentang pentingnya headline menulis:
'menulis berita baik adalah 50% dari editor teks keterampilan'. Setiap bit
chiselling waktu dari kata-kata yang tepat dalam urutan yang tepat dan
menghabiskan waktu adalah'.
Evans'
pengukir menjadi sangat instrumen tumpul di tangan banyak online penulis dan
editor. Berita utama yang digunakan dengan sedikit pemikiran yang jelas untuk
tujuan mereka atau penampilan. Ini adalah sebuah
Khususnya
tipu muslihat dalam praktik online sedang, diberikan kebiasaan pembacaan
pengguna disorot oleh Institut Poynter studi trek yang disebutkan sebelumnya
mata. Sebagai Evans (2000) menjelaskan, headline melayani dua tujuan utama:
pertama, untuk menarik seperti banyak pembaca mungkin ke dalam teks dari
cerita. Kedua, untuk orang-orang yang tidak membaca lebih lanjut, berita utama
masih dapat berpengaruh, 'untuk banyak yang tidak membaca cerita tidak ada yang
kurang mempertahankan kesan dari memindai headline.' (penulis
huruf miring).
Tajuk
utama yang membawa tanggung jawab tambahan dalam jurnalisme online. Ia
menyediakan petunjuk penting dan konteks bagi orang-orang pembaca yang
mengakses seksi individual pada kisah-kisah pada mereka sendiri. Dipisahkan
dari jangkauan selebihnya (misalnya jika dikaitkan dengan satu bagian dari
situs lain langsung atau sebuah mesin pencari). BBC adalah mengetahui hal ini:
'berita
utama kami - terutama pada tingkat global, Inggris dan indeks-indeks Dunia -
makin banyak diekstrak dan dikirim di tempat lain untuk BBC berjalan dan BBC
Halaman Utama, telepon seluler, dsb. Mereka juga muncul dalam Kisah terkait.
Jadi ketika ulasannya terhadap Wahyu mengongsikan lebih dapat muncul disertai
halus berita utama oleh ringkasan, mereka dapat omong-kosong berdiri sendiri.
Karena itu penting artinya bahwa mereka menanggung beberapa hubungan langsung
dengan cerita. Mereka dapat bijak dan bujuk tetapi harap membuat mereka
mempergunakan dari konteks cerita' (Wartawan Online, 2000).
Leslie
Penjual (1968) menawarkan sejumlah aturan dasar bahwa setiap headline penulis
akan berbuat baik untuk mengingat:
·
Menggunakan
suara aktif dan masa kini tegang, bila memungkinkan ('MMzm mendesak Blair untuk
bertindak' daripada 'tindakan untuk panggilan dari MPs';
·
Menghindari
tanda baca (misalnya koma dan apostrophes) di; kematianlah s pernyataan 'sebuah
koma Penjual berarti dua bagian headline yang lebih lambat';
·
Menghindari
dia, ia anonim atau mereka; menetapkan pendudukan, usia, dsb. dan
mempersonalisasi kapan saja (Bush alih-alih sesuai Presiden AS);
·
Menghindari
cramming dalam terlalu banyak informasi;
·
Dalam
kasus double-line judul, coba untuk membuat baris pertama masuk akal sendiri
kerana ia mewakili pemikiran lengkap sendiri.
Penjual
juga memperingatkan terhadap atas-penggunaan headline jargon. Ia percaya bahwa
kata-kata seperti "Suruhlah', 'menyesah' dan 'diserang' adalah baik karena
mereka dan membuat titik-pendek dengan cepat tetapi
Ada
bahaya yang di sini. Kata-kata seperti keluar, memasukkan, terburu-buru,
memotong, ban, tanda hubung, garis miring, crash, kuis dan temuan sangat
berguna yang mereka cenderung terlalu sibuk. Mereka menjadi bagian dari
kecamatan malas, perlengkapan senjatanya. Daripada disimpan untuk kesempatan
ketika tidak ada kata lain akan melakukan pekerjaan, mereka digunakan dari,
kebiasaan sehingga karya penuh untuk tidak meluap dengan mereka.
Beberapa
online penerbit benda ke akan menggunakan dari mana pun dari kata-kata ini, selama-lamanya.
BBC sarankan terhadap apa yang mereka panggil 'jargon dan clich 'es' seperti
'slammed' dan 'layu' dan "screamers" (menggunakan tanda seru).
Penggunaan bahasa tajuk utama seperti sangat turun ke rumah
masing-masing style dari operasi berita dan, sebagai penjual poin keluar,
imajinasi, atau kurang dari itu, dari subeditor.
Pertimbangan
penting lainnya adalah penyebaran para pembaca anda. Penjual menyarankan
terhadap nama-nama tempat tertentu dalam berita utama kecuali jika mereka
mempunyai tujuan tertentu. Ini adalah bahaya tertentu untuk para wartawan
online, diberikan para pembaca dari situs-situs global. Rujukan-rujukan
geografis tertentu yang mungkin menyampaikan yang bermakna para pembaca
(misalnya dalam negeri Leighton) dapat teki dan hitam menurut jenisnya; jadi
menyurutkan para pembaca di seluruh dunia. Tantangan ini meliputi semua area
headline menulis, tidak hanya nama tempat. Misalnya, selama wabah penyakit
mulut dan kaki di antara hewan di Inggris pada tahun 2001, ia sangat mencolok yang
Berita BBC merujuk kepadanya sebagai 'penyakit Pertanian' di tengah-berita
utama, barangkali karena beberapa negara tidak akan akrab dengan istilah 'kaki
dan mulut' (hal ini juga lebih singkat).
Titik
akhir yang akan dibuat tentang berita utama adalah bertujuan untuk menulis
orang-orang yang menulis berita utama untuk orang lain. Tidak peduli bagaimana
anda, bertekanan yang sangat penting bagi anda untuk membaca dan memahami
seluruh kisah diserahkan kepada anda. Anda harus membaca apa-apa karena titik
berita utama mungkin tidak dalam paragraf pertama. Dan anda harus memahami
kedua cerita dan kepentingannya kepada para pembaca anda. Anda tidak dapat
membuat peradilan tentang isi sebuah tajuk utama jika anda tidak memahami latar
belakang untuk cerita. Sebagai Evans Serikat, anda harus 'berpikir keras
tentang apa elemen tunggal dari cerita ini adalah yang membuatnya, baru dan
berbeda dengan senilai ruang dalam karya' . . . atau website. Dia terus 'seni
tajuk utamanya terletak pada imajinasi dan kosa; craft terletak dalam akurasi
daya tarik, konten dari
Penampilan
dan kepraktisan'. Bukanlah sesuatu yang dapat dibuang bersama-sama pada
saat-saat terakhir.
Deskripsi ringkasan, dan link
Deskripsi
untuk gambar juga dapat tambahan, yang merupakan sebuah kesalahan. Kesalahan
yang paling umum beserta deskripsi adalah untuk membuat mereka terlalu istilah.
Hanya sebagai wartawan televisi yang diajarkan untuk membiarkan gambar berkata
Kisah
mereka sendiri dan menjadi persamaannya dengan voice-over, demikian keterangan
penulis tidak harus ruang terbatas mereka limbah (biasanya satu baris) hanya
menggambarkan apa yang dapat melihat dalam pembaca tetap gambar. Sebagai
Penjual
(1968)
menunjukkan 'menulis sebuah iringan bagi gambar adalah seni yang sama sekali
berbeda, dimana gambar adalah pemutaran intro, attentioncatcher, dan selebihnya
dapat jatuh lebih perlahan-lahan ke tempat'.
Jadi
keterangan seharusnya tidak hanya menerangkan apa yang dapat anda sudah lihat
atau negara jelas. Sering anda perlu memberikan informasi dasar, misalnya nama
seseorang, untuk mengidentifikasi gambar orang itu dari setengah lusin nama
lain dalam cerita. Tetapi biasanya anda akan ingin menambahkan rincian lain
menjelaskan
Relevansi
seseorang untuk cerita. Ingat, orang dapat membaca keterangan sebelum teks
utama sebuah cerita.
Patut
dua kepingan informasi terpisah ke satu baris tidak mudah. Salah satu teknik
umum di antara para penulis caption adalah untuk menggunakan colon untuk
mendirikan link antara dua potongan informasi. Hal ini dapat bekerja dalam
urutan baik. Jadi sebuah cerita tentang Belumkah semua orang dari mainan
Digimon melanda UK mungkin memiliki gambar dari salah satu dari mereka dengan
judul: 'Digimon: melanda negara' atau 'Belumkah semua orang: mainan Digimon
Terbaru'.
Ringkasan
juga digunakan secara meluas pada situs berita online, garis luar cerita dan
mudah-mudahan mengundang pembaca klik melalui ke jangkauan terperinci.
Lagi-perlu ditulis dengan hati-hati. Mereka tidak perlu menjadi yang pertama
dua paragraf cerita dan mereka pasti tidak ulangi apa yang ada di dalam tajuk
utama seperti ini akan menyertai mereka pada halaman. BBC membatasi ringkasan
mereka untuk satu kalimat di masa kini tegang.
Ada
satu wilayah di mana online menyediakan sebuah tantangan baru bagi para
jurnalis sebagai editor teks dan yang di-labelling link. Seberapa sering Anda
melihat situs yang telah mengundang anda untuk link ke halaman lain atau
situs-situs tanpa memberikan anda setiap ide yang jelas tentang apa yang
diinginkan, atau mengapa anda harus pergi ke sana? Link Internal (menghubungkan
anda ke halaman lain dalam situs anda sendiri) lazimnya adalah yang paling
menantang. Link eksternal dapat dirangkum oleh menggunakan nama organisasi yang
anda tersambung ke. Tetapi link internal mungkin membawa anda ke halaman yang
berisi konten cukup rumit, seperti 'Kisah Terkait'. Anda harus berpikir dengan
hati-hati bagaimana untuk meringkas-dengan cara yang masuk akal untuk pengguna
anda. Cek yang baik pada ini adalah untuk secara berkala menunjukkan link anda
untuk seseorang yang tidak akrab dengan jangkauan sebelumnya dan lihat jika
mereka dapat memahami mereka.
Jadi,
struktur dan menulis, ide-ide dan bahasa - faktor penting bagaimana anda pilih
dan ada informasi anda. Tidak sulit untuk melihat bagaimana kesederhanaan
berita klasik menulis akan menguntungkan jurnalisme online
3.6 Bagaimana pengaruh jurnalis online terhadap
jurnalis konfensional ?
Perjalanan
media saat ini mulai bergeser. Dibandingkan media cetak, saat ini perjalanan
media online sudah membuktikan keperkasaannya. Terbukti, dari beberapa kali
pendapatan iklan dan pembaca, media online telah melampaui surat kabar cetak.
Di
Indonesia, media-media online sudah memasuki tahap baru dalam dunia jurnalisme.
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, mulai tahun 2010, media online sudah
mendapat hati bagi pembaca yang mayoritas membutuhkan percepatan informasi.
Migrasi
dari kertas (Koran) ke web (online) saat ini menunjukkan peningkatan yang
significant. Itu bisa jadi karena penerapan pada komputer tablet dan penyebaran
smartphone mendorong percepatan media online yang memang dikenal sangat loyal
terhadap pembaca.
Di
Indonesia, ada beberapa media online yang kini mencapai tingkat perkembangan
yang cukup pesat. Sebut saja Detikcom, Kapanlagi.com, Antaranews.com,
Kompas.com, JPNN.com, Inilah.com, Rakyatmerdeka.com, Vivanews.com,
Mediaindonesia.com, dan Lensaindonesia.com Yang lebih mengejutkan, rata-rata
media online tersebut merupakan penjelmaan dari surat kabar atau bahkan media
elektronik yang sebelumnya sudah ada. Seperti Kompas.com dengan koran Kompas,
Rakyatmerdeka.com dengan Koran Rakyat Merdeka, Mediaindonesia.com dengan koran
Media Indonesia dan Vivanews.com dengan jaringan televisi TVone dan Antv.
Perkembangan
online yang demikian pesatnya, menunjukkan jika surat kabar (saat ini) sedang
menderita. Tidak hanya dari krisis ekonomi, melainkan karena banyak orang yang
memilih membaca berita dan informasi melalui online dan (secara otomatis)
pemasang iklan mengikuti pola pembaca.
Pada
tahun 2010, koran-koran di Indonesia banyak yang melaporkan penurunan
pendapatan iklan ketika media lain seperti televisi sedang menikmati rebound
dalam penjualan iklan. Pendapatan iklan koran pada tahun 2010 turun 46 persen
dalam empat tahun.
Sementara
di sisi lain, pendapatan iklan online mengalami peningkatan. Ini sebuah
tantangan untuk organisasi berita bahwa banyak klien yang memilih belanja
melalui iklan online ini.
Sejak
itu pula, koran-koran juga telah merasakan dampak media online. Mereka
menderita. Terbukti, banyak media cetak yang memilih untuk menyusutkan staf,
termasuk reporter dan editor. Atau memintahkan mereka ke bagian lain, terutama
di bagian iklan untuk menguatkan posisi marketing.
Karena
itu tidak heran jika kemudian media-media cetak besar saat ini sudah (latah)
mulai menggunakan media online. Hal itu dikarenakan mereka tak ingin iklan dan
pembaca Koran menyusut.
Surat
kabar mulai mengenakan biaya untuk akses online ke situs Web mereka. Namun
demikian, sepak terjang mereka sudah terlambat (terlanjur dibatasi). Mereka
selama ini boleh dibilang hanya mengekor media-media online yang sudah ada. Di
sisi lain mereka juga menggunakan online dengan tetap mengacu pada image
(penamaan) koran yang sudah ada.
Ini
tentu saja akan menjadi boomerang bagi mereka. Pasalnya, pembaca sudah bosan
dengan media tersebut. Sehingga mereka lebih memilih media-media online yang
memang mengawali dari bisnis online.
Jika
melihat perkembangan media online belakangan ini, baik dengan banyaknya
sistem-sistem yang berkembang maupun kualitas pemberitaan, tidak menutup
kemungkinan pada tahun-tahun kedepan, media online bakal menggeser keberadaan
media konvensional seperti surat kabar.
BAB IV
KESIMPULAN
Jurnalisme
adalah kegiatan mengumpulkan, menulis, mengedit, menerbitkan berita melalui
koran dan majalah atau memancarkan berita melalui radio, televisi dan
internet. Jurnalisme merupakan bagian dari komunikasi massa secara luas.
Jurnalisme
online adalah proses penyampaian informasi atau pesan yang menggunakan internet
sebagai medianya sehingga mempermudah jurnalis dalam melakukan tugasnya.
Jurnalisme
online lahir pada tanggal 19 januari 1998, ketika Mark Drugle membeberkan
cerita perselingkuhan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dengan Monica
Lewinsky atau yang sering disebut monicagate.
Detik.com barangkali merupakan media online
Indonesia pertama yang di garap secara serius. Masa awal detik.com lebih banyak
terfokus pada berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru setelah
situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detik.com memutuskan
untuk juga melampirkan berita hiburan, dan olahraga.
Jurnalisme
online merupakan suatu cara yang mudah dalam menyampaikan berita kapan dan di
manapun, namu di sisi lain jurnalisme online juga tidak terlepas dari kode etik
tersendiri dalam penyampaian pesan kepada publik
Jurnalisme
online bisa menjadi kawan sekaligus lawan. Tidak ada agenda seting dalam
informasi di internet karena berbagai sudut pandang bisa tercakup di dalamnya.
Tidak ada batasan waktu untuk mengakses informasi. Namun segala kenyamanan yang
ditawarkan tersebut juga membawa efek atau dampak yang besar bagi penggunanya.
Jika
melihat perkembangan media online belakangan ini, baik dengan banyaknya
sistem-sistem yang berkembang maupun kualitas pemberitaan, tidak menutup
kemungkinan pada tahun-tahun kedepan, media online bakal menggeser keberadaan
media konvensional seperti surat kabar.
Ketika
jurnalisme dalam televisi, radio, dan media cetak sudah mulai tergeser oleh
jurnalisme online, disinilah pemerintah juga mulai was-was akan keterbukaan
informasi yang diterima masyarakat. Kedepannya bisa-bisa jurnalisme online
menjadi ancaman bagi pihak-pihak yang memiliki kepentingan terselubung.
SUMBER
Journalism online .mike ward
No comments:
Post a Comment