Tujuan
Manajemen
Tujuan
Manajemen - Manajemen adalah sebuah ilmu didalam melaksanakan
kegiatan organisasi atau perusahaan. kegiatan kegiatan perusahaan bisa berupa
pengorganisasian yang didalamnya mencakup tindakan perencanaan, menyusun,
mengusahakan dan pengawasan yang meliputi seluruh sumber daya yang dimiliki
untuk mencapai tujuan atau sasaran yang diinginkan. Semisal jika organisasi
berupa perusahaan, maka tujuannya sudah jelas, yaitu mencari laba sebanyak
mungkin untuk kemakmuran pemilik
Tujuan Manajemen
Tujuan
Manajemen sebaiknya ditetapkan secara realistis, rasional, logis
serta ideal yang berdasarkan kepada fakta data, potensi serta kemampuan yang
dimiliki dan juga tidak saling bertentangan dengan nilai sosial, moral, agama
maupun peraturan pemerintah yang ada supaya tujuan perusahaan yang ditetapkan
bisa bermanfaat bagi masyarakat dan cukup visible untuk bisa dicapai yang
menguntungkan semua pihak yang ada.
Tujuan
manajemen menurut GR Terry adalah tujuan yang diinginkan oleh pihak yang
berkepentingan yang melukiskan ruang atau skope yang jelas dan memberi arah
kepada seorang manajer. Definisi tersebut meliputi 4 hal pokok yaitu :
- Tujuan
- Skope
- Kepastian
- Arah
Tujuan
manajemen haruslah mencakup ke 4 hal tersebut berikut dengan perencancanaan
tentang kebijakan, strategi, prosedur, metode, sistem, aturan, intruksi
dan yang lainya yang bisa dijalankan dalam mencapai tujuan tersebut.
Pada dasarnya, yang perlu diketahui adalah bahwa setiap tujuan adalah merupakan rencana. Tujuan tujuan organisasi atau perusahaan bisa terlihat dari Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADART) tiap tiap organisasi. Tujua manajemen bisa ditinjau dari berbagai sudut, semisal berdasarkan tipe, prioritas, jangka waktu, sifat, hierarki, bidan ataupun menurut jiwanya.
Pada dasarnya, yang perlu diketahui adalah bahwa setiap tujuan adalah merupakan rencana. Tujuan tujuan organisasi atau perusahaan bisa terlihat dari Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADART) tiap tiap organisasi. Tujua manajemen bisa ditinjau dari berbagai sudut, semisal berdasarkan tipe, prioritas, jangka waktu, sifat, hierarki, bidan ataupun menurut jiwanya.
Tujuan
Manajemen berdasarkan tipe tujuan bisa terdiri atas :
- Profit objectives, tujuan manajemen
untuk memperoleh laba untuk pemiliknya
- Service objective, tujuan manajemen
memberi pelayanan yang bagus untuk konsumen, maksudnya bisa meninggikan
nilai barang atau jasa yang ditawarkan atau dijual kepada konsumen
- Social objectives, tujuan manajemen
untuk lebih mementingkan nilai yang bisa diciptakan oleh organisasi untuk
kesejahteraan masyarakat
- Personal objectives, tujuan
manajemen lebih menghendaki karyawan atau pekerja secara individual memperoleh
kepuasan dalam hal pekerjaan didalam organisasi atau perusahaan.
Tujuan Manajemen berdasarkan prioritas bisa dibagi atas :
- Sasaran primer
- Sasaran sekunder
- Sasaran individual
- Sasaran sosial
Tujuan
manajemen berdasarkan jangka waktu dapat dibagi atas :
- Tujuan jangka panjang
- Tujuan jangka menengah
- Tujuan jangka pendek
Tujuan
manajemen menurut bidangnya bisa kita lihat sebagai berikut :
- Top level objective, tujuan secara
umum, menyeluruh yang berkaitan dengan berbagai bidang sekaligus
- Finance objective, tujuan manajemen
yang berkaitan dengan modal
- Production objective, tujuan
manajemen yang berkaitan dengan produksi
- Marketing objective, tujuan yang
berkaitan dengan bidang pemasaran
- Office objective, tujuan yang
berkaitan dengan bidang ketatausahaan
Tujuan
manajemen dilihat dari motifnya, terbagi atas :
- Public objective, tujuan manaujemen
yang wajib diraih karena ada peraturan perudang-undangan yang berlaku
- Organizational objectives, tujuan
yang yang harus direalisasikan dikarenakan ada ketentuan organisasi yang
telah tercantim pada statuta, ADART yang bersifat zakelijk dan impersonal
yang artinya tidak boleh berdasarkan pada pertimbangan selera pribadi
didalam upaya cara pencapaiannya
- Personal objective, tujuan individu
atau tujuan pribadi yang walaupun mungkin masih berkaitan dengan
organisasi yang didalam upaya pencapaiannya sangat terpengaruh oleh
pandangan atau selera pribadi
No comments:
Post a Comment