BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dekade
terakhir ini telah membawa perubahan besar dalam industri komunikasi yang
memungkinkan terjadinya konvergensi media dengan menggabungkan media massa
konvensional dengan teknologi komunikasi. Hal ini dapat terlihat pada media
cetak besar yang ada di Indonesia memanfaatkan teknologi komunikasi dengan
membuat portal berita online. Konvergensi media ini pula melahirkan jurnalisme
baru yaitu jurnalisme online.
Disamping
media komunikasi yang telah terlebih dahulu akrab dan diterima khalayak
seperti media cetak dan media elektronik, media online kini telah menjadi salah
satu media komunikasi yang mulai mendapat banyak perhatian dari masyarakat.
Keberadaanya juga mulai menjadi favorit bagi seluruh lapisan masyarakat.
Online adalah istilah bahasa dalam internet yang
artinya sebuah informasi yang dapat diakses dimana saja selama ada jaringan
internet. Oleh sebab itu jurnalisme online adalah perubahan baru dalam ilmu
jurnalistik. Media online menyajikan informasi cepat dan mudah diakses dimana
saja
Media
online (online media) juga berarti media massa yang tersaji secara
online di situs web (website) internet. Media online adalah media massa
”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid,
majalah, buku– dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi,
dan film/video. Media Online merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik
online –disebut juga cyber journalisme– didefinisikan sebagai
“pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui
internet”.
Secara teknis atau ”fisik”, media
online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan
internet).Termasuk kategori media online adalah portal, website, radio online, TV
online (streaming), dan email.
Cyber journalism juga lazim
dikenal dengan nama online journalism dan berbagai ragam jurnalisme "masa
kini" meramaikan pasar media massa abad ini. Pesatnya perkembangan
teknologi, terutama teknologi komunikasi elektronik, membuka peluang jejaring
komunikasi yang semakin asyik dan semakin personal, dengan perangkat yang
semakin ringkas dan bermobilitas tinggi. Jurnalisme ini mengandalkan teknologi
Internet sebagai sarana sebarannya. Cyber journalismjuga
berlandaskan cara kerja dan teknik serta etika yang pada dasarnya berasal dari
jurnalisme cetak dan jurnalisme pendahulunya, seperti radio dan televisi atau
jurnalisme media siaran (jurnalisme siaran).
Di Indonesia, perkembangan teknologi memiliki banyak implikasi pada
seluruh bidang kehidupan manusia. Perkembangan teknologi yang begitu pesat ikut
mempengaruhi proses eksistensi media. Hal tersebut juga terjadi karena
pola perkembangan manusia modern yang cenderung serba instan. Media massa sedikit
banyak akan mengalami pergeseran atau revolusi ke arah yang lebih canggih.
Mulai dari buku, majalah, surat kabar, atau media cetak lainnya tidak memakai
kertas lagi karena kita bisa membacanya secara online. Perkembangan media
online sejalur dengan makin merambahnya internet di setiap pelosok di
Indonesia, serta merebaknya handphone yang bisa dengan mudah mengakses
internet.
1.2 Rumusan
Masalah
1.
Apa itu jurnalis
online?
2.
Apa saja
jurnalis online di indonesia?
3.
Apa keunggulan dan
kekurangan dari jurnalis online?
4.
Apa saja kode
etik jurnalis online?
5.
Bagaimana cara
menulis berita yang baik sebagai jurnalis online?
6.
Bagaimana pengaruh
jurnalis online terhadap jurnalis konfensional ?
1.3 Tujuan
1.
Untuk mengetahui
apa itu jurnalis online.
2.
Untuk mengetahui
apa saja jurnalis online di Indonsia.
3.
Untuk mengetahui
apa keunggulan dan kekurangan dari jurnalis online.
4.
Untuk mengetahui
apa sajakode etik jurnalis online.
5.
Untuk mengetahui
bagaimana cara menulis berita yang baik sebagai jurnalis online
6.
Untuk mengetahui
bagaimana pengaruh jurnalis online terhadap jurnalis konfensional
BAB II
LANDASAN TEORI
2,1 Jurnalus online
Jurnalisme adalah kegiatan mengumpulkan, menulis,
mengedit, menerbitkan berita melalui koran dan majalah atau memancarkan
berita melalui radio, televisi dan internet. Jurnalisme merupakan bagian dari
komunikasi massa secara luas. Kendati pengertian jurnalisme kini mencakup
medium yang sangat luas (termasuk juga radio, televisi, internet bahkan bioskop),
medium dasar dari jurnalisme adalah suratkabar. Wartawan pada umumnya
mengadopsi metode dan prinsip jurnalisme tradisional pada koran dan majalah.
Jurnalisme online adalah proses penyampaian informasi
atau pesan yang menggunakan internet sebagai medianya sehingga mempermudah
jurnalis dalam melakukan tugasnya. Selama ini sadar atau tidak kita hanya
memahami online dalam artian ditampilkan di sebuah situs web. Padahal 'online'
mencakup berbagai tempat perkara (venue): web, email, bulletin board system
(BBS), IRC, dan lainnya. Tapi tentu bukan tanpa alasan bahwa kebanyakan
jurnalisme online saat ini diselenggarakan di web.
Harold Evans, editor Sunday
Times di tahun 70-an
mengatakan bahwa jika dulu internet sudah semaju sekarang, maka ia akan
melakukan riset artikelnya tentang Thalidomide (obat) dengan web/ chat
interaktif. Ia merasa bahwa ia akan bisa menghemat banyak waktu melakukan riset
data dengan adanya internet di jaman itu.
2.2 Cara menulis
berita online
Sebagai
media massa, media internet (harus) menggunakan kaidah-kaidah jurnalistik dalam
sistem kerja mereka, termasuk dalam penggunaan bahasa jurnalistik dan kaidah
bahasa Indonesia.Tidak ada perbedaan antara bahasa jurnalistik cetak dan
jurnalistik internet karena sama-sama “komunikasi tulisan” atau “bahasa tulis”.
Dengan demikian,
karakteristik dan prinsip penulisan bahasa jurnalistik cetak (suratkabar,
majalah, buletin, dan lain-lain), antara lain hemat kata, ringkas, padat,
jelas, logis, kalimatnya pendek-pendek, sederhana dan mudah dipahami, juga
berlaku di media internet. Perbedaannya hanyalah soal tampilan atau mediumnya.
Jurnalistik atau media internet bersifat virtual sedangkan sajian
jurnalistik/media cetak itu tercetak (printed media).
Informal dan interaktif. Itulah ciri khas tulisan di website atau media
online. “Penulis online dapat berkomunikasi dengan pembaca
mereka dalam bentuk yang lebih variatif dari tulisan tradisional,” kata Robert
Niles dalam artikelnya, ”How
to write for the Web”, di situs The
Online Journalism Review (ojr.org).
”Gaya tulisan demikian akan membuat pembaca Anda merasa nyaman membaca
kata-kata Anda,”kata Niles. ”Seperti yang mereka rasakan ketika berbicara
dengan seorang teman dekat.”
Nile memberi resep buat para
blogger. Katanya, tuliskan di blog Anda yang Anda ketahui, termasuk pengalaman.
“Bila Anda tidak tahu sesuatu,
jangan takut mengakuinya. “Blogger hebat memandang posting mereka sebagai
komentar pertama dalam sebuah percakapan, bukan kata akhir sebuah topik
pembicaraan.”
Secara umum, berikut ini resep Niles tentang cara menulis yang baik di
website:
·
Short –ringkas, the shorter the better.
·
Active voice –gunakan kalimat aktif.
·
Strong verbs –pilih kata kerja yang kuat.
·
Contextual hyperlinking –lengkapi dengan tautan informasi terkait; memungkinkan pembaca
memperkaya pengetahuan dan informasi pendukung.
·
Use formatting –gunakan variasi tampilan huru
atau kalimat, misalnya dengan menggunakan daftar (list), headertebal, dan kutipan (blockquotes).
·
Easy to read – mudah dibaca; jangan ada
blok teks/alinea yang lebih dari lima baris.
2.3 Kelebihan dan Kekurangan Media Online
Keunggulan media online dibandingkan media konvensional (cetak/elektronok)
antara lain:
·
Kapasitas
luas –halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
·
Pemuatan dan
editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
·
Jadwal
terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
·
Cepat,
begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
·
Menjangkau
seluruh dunia yang memiliki akses internet.
·
Aktual,
berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
·
Update,
pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
·
Interaktif,
dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room,
polling, dsb.
·
Terdokumentasi,
informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”,
”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
·
Terhubung
dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi
tersaji.
(By ASM. Romli/www.romeltea.com, diolah dari berbagai sumber).*
Kekurangan Media Online:
·
Tidak ada
ukuran pasti tentang siapa penerbit berita online, sehingga dapat diklaim oleh
beberapa pihak.
·
Adanya
kecenderungan mudah lelah saat membaca sajian di berita-berita online yang
panjang.
·
Tidak selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan
berita yang dimuat di media online biasanya tidak seakurat media lainnya.
·
Banyak
terjadi kesalahan penulisan yang dikarenakan ketergesa-gesaan dalam proses
penulisan.
·
Berpotensi
mengakibatkan cyber crime (kejahatan dunia maya) seperti pencuikan, penipuan,
dan berbagai tindak criminal lainnya.
·
Menurunnya minat baca di perpustakaan akibat lebih
praktisnya media online.
·
Meningkatkan plagiat akibat mudah dicurinya
karya-karya yang tersaji di media online.
2.4. Kode
Etik Media Online
Nicholas Johnson mantan Komisioner Komisi Komunikasi Amerika Serikat (AS)
dan penulis buku How to Talk Back to Your Television Set yang juga Dosen Ilmu
Hukum di Iowa College of Law (AS), memberikan catatan hal-hal mendasar tentang
kode etik dalam penulisan jurnalistik online :
1.
Dilarang menyerang kepentingan individu, pencemaran
nama baik, pembunuhan karakter/reputasi seseorang.
2.
Dilarang menyebarkan kebencian, rasialis, dan
mempertentangkan ajaran agama.
3.
Larangan menyebarkan hal-hal tidak bermoral,
mengabaikan kaidah kepatutan menyangkut seksual yang menyinggung perasaan umum,
dan perundungan seksual terhadap anak-anak.
4.
Dilarang menerapkan kecurangan dan tidak jujur,
termasuk menyampaikan promosi/iklan palsu.
5.
Larangan melanggar dan mengabaikan hak cipta (copyright)
dan Hak Atas Karya Intelektual (HAKI, atau Intelectual Property Right/IPR).
Sementara itu,
Cuny Graduate School of Journalism yang didukung Knight Foundation melalui
halamannya di http://www.kcnn.org mencatat 10 langkah utama bagi
cyberjournalist –termasuk kalangan citizen journalist dan blogger-- supaya
terhindar dari masalah hukum, yakni:
1.
Periksa dan periksa ulang fakta,
2.
Jangan gunakan informasi tanpa sumber yang jelas.
3.
Perhatikan
kaidah hukum
4.
Pertimbangkan setiap pendapat,
5.
Utarakan rahasia secara selektif,
6.
Hati-hati
terhadap apa yang diutarakan,
7.
Pelajari
batas daya ingat,
8.
Jangan lakukan pelecehan,
9.
Hindari konflik kepentingan,
10.
Peduli nasehat hukum.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Apa itu jurnalis online?
Jurnalisme adalah kegiatan mengumpulkan, menulis, mengedit,
menerbitkan berita melalui koran dan majalah atau memancarkan berita
melalui radio, televisi dan internet. Jurnalisme merupakan bagian dari
komunikasi massa secara luas. Kendati pengertian jurnalisme kini mencakup
medium yang sangat luas (termasuk juga radio, televisi, internet bahkan
bioskop), medium dasar dari jurnalisme adalah suratkabar. Wartawan pada
umumnya mengadopsi metode dan prinsip jurnalisme tradisional pada koran dan
majalah.
Jurnalisme online adalah proses penyampaian informasi
atau pesan yang menggunakan internet sebagai medianya sehingga mempermudah
jurnalis dalam melakukan tugasnya. Selama ini sadar atau tidak kita hanya
memahami online dalam artian ditampilkan di sebuah situs web. Padahal 'online'
mencakup berbagai tempat perkara (venue): web, email, bulletin board system
(BBS), IRC, dan lainnya. Tapi tentu bukan tanpa alasan bahwa kebanyakan
jurnalisme online saat ini diselenggarakan di web.
Namun, ini tidak berarti bahwa tak ada venue lain yang
dapat dipakai untuk menyelenggarakan jurnalisme online di Internet.Jurnalisme
online menjadi berbeda dengan jurnalisme tradisional yang sudah dikenal
sebelumnya (cetak, radio, TV) bukan semata-mata karena dia mengambil venue yang
berbeda; melainkan karena jurnalisme ini dilangsungkan di atas sebuah media
baru yang mempunyai karakteristik yang berbeda -baik dalam format, isi, maupun
mekanisme dan proses hubungan penerbit dengan pengguna atau pembacanya.
Jurnalisme online lahir pada tanggal 19 januari 1998,
ketika Mark Drugle membeberkan cerita perselingkuhan Presiden Amerika Serikat
Bill Clinton dengan Monica Lewinsky atau yang sering disebut monicagate. Ketika
itu Drugle berbekal sebuah laptop dan modern, menyiarkan berita tentang
monicagate melalui internet. Semua orang yang mengakses internet segera
mengetahui rincian cerita monicagate.
Sedangkan di Indonesia, Jurnalisme Online kebanyakan
lahir pada saat jatuh-nya pemerintahan Suharto di tahun 1998, dimana alternatif
media dan breaking news menjadi komoditi yang di cari banyak pembaca. Dari
situlah kemudian tercetus keinginan membentuk berbagai jurnalisme online.
Detik.com barangkali merupakan media online
Indonesia pertama yang di garap secara serius. Tidak heran karena pendirinya
kebanyakan dari media, Budiono Darsono (eks wartawan Detik), Yayan Sopyan (eks
wartawan Detik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugraha. Server detik.com sebetulnya sudah
siap diakses pada 30 Mei 1998, namun mulai online dengan sajian lengkap pada 9
Juli 1998. Jadi tanggal 9 Juli ditetapkan sebagai hari lahir Detik.com.
Detik.com yang update-nya tidak
lagi menggunakan karakteristik media cetak yang harian, mingguan,
bulanan. Yang dijual detik.com adalah
breaking news. Dengan bertumpu pada tampilan apa adanya detik.com menjadi media
jurnalisme online pertama yang melesat sebagai situs informasi digital paling
populer di kalangan pengguna internet Indonesia.
Masa awal detik.com lebih banyak terfokus pada berita
politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru setelah situasi politik mulai
reda dan ekonomi mulai membaik, detik.com memutuskan untuk juga melampirkan berita
hiburan, dan olahraga.
Media online detik.com di Indonesia yang telah sukses
menyajikan ragam berita, selain itu kantor berita Nasional Antara juga
menggunakan teknologi internet. Seiring berjalannya waktu, media online mulai
bermunculan seperti astaga.com, satunet.com, suratkabar.com, berpolitik.com,
dan ok-zone.com. Dengan lahirnya media online maka media cetakpun tidak mau
kalah, dengan dua penyajian media cetak dan media online seperti kompas.com,
temporaktif.com, republika.com, pikiran-rakyat.com, klik-galamedia.com, dan
masih banyak lagi. Itu adalah langkah baru berkembangnya teknologi yang telah
melahirkan jurnalisme online.
3.2 Apa saja
jurnalis online di Indonesia?
Di Indonesia, perkembangan teknologi memiliki banyak implikasi pada
seluruh bidang kehidupan manusia. Perkembangan teknologi yang begitu pesat ikut
mempengaruhi proses eksistensi media. Hal tersebut juga terjadi karena
pola perkembangan manusia modern yang cenderung serba instan. Media massa
sedikit banyak akan mengalami pergeseran atau revolusi ke arah yang lebih
canggih. Mulai dari buku, majalah, surat kabar, atau media cetak lainnya tidak
memakai kertas lagi karena kita bisa membacanya secara online. Perkembangan
media online sejalur dengan makin merambahnya internet di setiap pelosok di
Indonesia, serta merebaknya handphone yang bisa dengan mudah mengakses
internet.
Beberapa perusahaan media massa yang mulai merambah
online diantaranya :
1. Kompas.com.
Sebelumnya perusahaan kompas hanya membuat kompas.com
untuk selingan dan untuk mengantisipasi menjamurnya media massa online di
Indonesia, namun sekarang sudah termasuk sukses dalam pengelolaannya.
2. Okezone.com.
Okezone.com muncul pada awal 2008 dengan penampilan
lebih praktis dan memudahkan pembaca berselancar di kanal-kanal pemberitaan.
3. Detik.com
Sudah ada sejak 9 juli 1998
4. Tempointeraktif.com
5. Vivanews.com
6. Metrotv.com
7. Liputan6.com
Dan masih banyak lagi, baik yang berupa forum online,
atau berformat seperti koran online. Pergerakan itu merupakan upaya pemilik
modal untuk merespon perkembangan peradaban. Dimana masyarakat memiliki sifat
dasar ingin mendapatkan pelayanan praktis dalam berbagai hal. Bidang komunikasi
memang tidak dapat dipisahkan dari semua perkembangan teknologi yang berimbas
pada perkembangan media.
3.3 Apa saja
keunggulan dan kekurangan dari jurnalis online?
Keunggulan jurnalisme online dibandingkan jurnalisme
konvensional (cetak atau elektronik) antara lain:
1)
Kapasitas luas halaman web bisa menampung naskah sangat
panjang.
2)
Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di
mana saja.
3)
Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
4)
Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua
orang.
5)
Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
6)
Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan
kecepatan penyajian.
7)
Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan
kapan saja.
8)
Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya
fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.
9)
Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data”
(arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas
”cari” (search).
10) Terhubung dengan sumber
lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji.
Kelebihan jurnalisme online, seperti yang tertulis dalam
buku Online Journalism. Principles and Practices of News for The Web (Holcomb
Hathaway Pulblishers,2005):
1)
Audience Control
Jurnalisme Online memungkinkan audiens untuk bisa
lebih leluasa dalam memilih berita yang ingin didapatkannya.
2)
Nonlinearity
Jurnalisme Online memungkinkan setiap berita yang
disampaikan dapat berdiri sendiri sehingga audience tidak harus membaca secara
berurutan untuk memahami berita tersebut.
3)
Storage and
Retrival
Online jurnalisme memungkinkan berita tersimpan dan
diakses kembali secara mudah oleh audiens.
4)
Unlimited Space
Jurnalisme online memungkinkan jumlah berita yang
disampaikan atau ditayangkan kepada audiens dapat menjadi jauh lebih lengkap
ketimbang media lainnya.
5)
Multimedia
Capability
Jurnalisme online memungkinkan bagi tim redaksi untuk
menyertakan teks, suara, gambar, video dan komponen lainnya didalam berita yang
akan diterima oleh audiens.
6)
Interactivity
Jurnalisme online memungkinkan adanya peningkatan
partisipasi audiens dalam setiap berita.
Kekurangan
Media Online:
1.
Tidak ada ukuran pasti tentang siapa penerbit berita
online, sehingga dapat diklaim oleh beberapa pihak.
2.
Adanya kecenderungan mudah lelah saat membaca sajian
di berita-berita online yang panjang.
3.
Tidak selalu
tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online
biasanya tidak seakurat media lainnya.
4.
Banyak terjadi kesalahan penulisan yang dikarenakan
ketergesa-gesaan dalam proses penulisan.
5.
Berpotensi mengakibatkan cyber crime (kejahatan dunia
maya) seperti penculikan, penipuan, dan berbagai tindak criminal lainnya.
6.
Menurunnya minat
baca di perpustakaan akibat lebih praktisnya media online.
7.
Meningkatkan
plagiat akibat mudah dicurinya karya-karya yang tersaji di media online.
3.4 Apa saja kode Etik jurnalis online?
Nicholas
Johnson mantan Komisioner Komisi Komunikasi Amerika Serikat (AS) dan penulis
buku How to Talk Back to Your Television Set yang juga Dosen Ilmu Hukum di Iowa
College of Law (AS), memberikan catatan hal-hal mendasar tentang kode etik
dalam penulisan jurnalistik online :
1.
Dilarang
menyerang kepentingan individu, pencemaran nama baik, pembunuhan karakter atau
reputasi seseorang.
2.
Dilarang
menyebarkan kebencian, rasialis, dan mempertentangkan ajaran agama.
3.
Larangan
menyebarkan hal-hal tidak bermoral, mengabaikan kaidah kepatutan menyangkut
seksual yang menyinggung perasaan umum, dan perundungan seksual terhadap
anak-anak.
4.
Dilarang
menerapkan kecurangan dan tidak jujur, termasuk menyampaikan promosi atau iklan
palsu.
5.
Larangan
melanggar dan mengabaikan hak cipta (copyright) dan Hak Atas Karya
Intelektual (HAKI, atau Intelectual Property Right/IPR).
Sementara itu, Cuny Graduate School of Journalism yang
didukung Knight Foundation melalui halamannya dihttp://www.kcnn.org mencatat 10 langkah utama bagi cyber journalist termasuk
kalangan citizen journalist dan blogger supaya terhindar dari masalah hukum,
yakni:
a)
Periksa dan
periksa ulang fakta,
b)
Jangan gunakan
informasi tanpa sumber yang jelas.
c)
Perhatikan
kaidah hukum
d)
Pertimbangkan
setiap pendapat,
e)
Utarakan rahasia
secara selektif,
f)
Hati-hati
terhadap apa yang diutarakan,
g)
Pelajari batas
daya ingat,
h)
Jangan lakukan
pelecehan,
i)
Peduli nasehat
hukum.
3.5 Bagaimana
cara menulis berita yang baik sebagai jurnalis online?
Kalimat
Anda harus selalu berusaha
menulis secara langsung. Struktur dasar dari kata kerja, dan kemudian
perihal object merupakan model suara. Jadi, anak laki -laki kedapatan
bola, tidak bola tertangkap oleh anak laki-laki.
Kalimat-kalimat yang
mulai dengan klausa subordinat dapat contoh lain dari tulisan tidak
langsung. Setelah saya selesai cangkir teh ini, saya akan pergi ke
taman adalah self-ternyata tidak langsung dari saya akan pergi
ke
Taman setelah saya
selesai cangkir teh ini. Jika anda menemukan
diri anda menjalankan hukuman dengan 'setelah', 'dpada waktu', 'walaupun',
dsb.,
Menyimpan kalimat anda
dan ke point pendek. Anda dapat memulai kalimat anda dengan baik, dengan klausa
utama, tetapi masih menemukan ia trailing mati dalam ketidakpraktisan klausa
yang lebih rendah. Ini akan memerlukan menulis ulang sebagai kalimat lebih
pendek.
Peraturan yang baik
untuk menghindari membelitkan kalimat ini untuk membatasi masing-masing untuk
berkomunikasi satu pemikiran dasar atau macam informasi. Tetapi menghindari
melakukan semua kalimat anda dan snappy pendek. Hal ini dapat
menimbulkan bau staccato, senjata mesin yang mengenakan efek untuk pembaca.
Campuran panjang kalimat dapat meningkatkan Ritme tulisan Anda. Ia juga
menonjolkan aspek ketimpangan kekuasaan yang dramatis, dampak ringan bila Anda
menggunakannya untuk tujuan itu.
Gunakan tanda baca
dengan benar. Koma harus digunakan di mana ada jeda dalam kalimat mental.
Hukuman dapat membingungkan atau bahkan menyesatkan tanpa mereka. Tetapi
menggunakan terlalu banyak, dan hukuman anda batuk dan splutters halaman di
sepanjang, membuat sedikit headway. Jika anda menggunakan banyak koma, mungkin
menunjukkan bahwa lagi ini kalimat anda memerlukan pembelahan menjadi beberapa
orang-orang yang lebih kecil. A
Kata-kata
Sebagai Keith
Waterhouse (1989) ulasan 'setiap firman yang masuk ke mencetak harus memiliki
sesuatu untuk berkata'. Jadi:
·
Jangan menggunakan kata-kata lebih dari
yang anda perlukan;
·
Menghindari kata lama jika tersedia
alternatif-alternatif yang lebih pendek;
·
Menghindari kata dengan maksud rumit
jika alternatif yang lebih sederhana tersedia;
·
Gunakan kata-kata dengan beton, bukannya
abstrak, maksud apabila mungkin;
·
Jelaskan secara spesifik daripada
menggunakan generalities; _ memberikan kata-kata maksud yang betul
mereka.
Selain untuk panduan
ini, anda juga harus mengetahui sebagian dari perangkap gajah menunggu wartawan
yang tidak berpengalaman. Berikut adalah beberapa dari.
Penggunaan yang
sering atau adverbs untuk membuat kata bentukan 'cerita pompa
naik sering memiliki efek yang berlawanan. Sebagai Waterhouse menempatkan
ia: "Anak sebuah dalam pemutaran intro kecap bentukan dari tidak berbuat
banyak untuk meningkatkan rasanya'.
Mengungkapkan
fakta-fakta kisah jelas dan dengan gigih harus memberikan semua dampak yang
diperlukan. Jika anda memiliki untuk mendongkrak cerita bentukan dengan
pertanyaan apakah itu, senilai menulis pada tempat pertama.
Menghindari penggunaan
clich yang berlebihan 'es. Mereka dapat trite dan lelah. Yang tidak untuk
berkata clich'es harus dihindari seperti wabah. Sebagai Penjual menjelaskan:
'Clich 'e mencacah tidak patut untuk mendapatkan dari tangan. Dalam
Banyak kasus, clich' e
adalah ungkapan yang akrab hangat pembaca mengenali, yang menempatkan sesuatu
dalam sejumput.'
Anda harus filter
keluar semua jargon dan 'officialese'. Hal ini tidak akan sulit bagi para
jurnalis yang telah untuk menemukan apa yang berarti dalam istilah sederhana
jargon apapun, untuk memahami cerita. Setelah ia memiliki 'bahasa mudah'
penjelasan, kelihatannya jelas untuk menggunakannya dalam akun tertulis.
Sebagai gantinya, terlalu banyak wartawan mundur kembali ke palma dunia gelap
jargon ketika akhirnya menulis cerita mereka. Bagaimana mereka mengharapkan
pembaca mereka untuk memahami bahasa abu-abu, mati sama yang membingungkan
mereka, para wartawan, di tempat yang pertama?
Ada tiga alasan mengapa
kalimat ini sebuah contoh dari tulisan baik:
·
Gagasan bahwa ia berkomunikasi adalah,
kosongkan dan apposite;
·
Bahasa yang digunakan sederhana dan
secara langsung. Tetapi dalam bahwa kalimat pendek Evans juga mencakup
perdampingan antara dua jelas berlawanan di 'vivid' dan 'ekonomi'. Efek adalah
kedua penangkapan dan kejadian;
·
Letakkan kedua-dua sifat bersama -
kesederhanaan langsung dari kedua bahasa dan pesan dengan kalimat sandi yang
menakjubkan pada akhir - dan hukuman, dan ini adalah kecantikannya, ini
benar-benar apa yang dikatakannya.
Evans' kalimat mungkin
tampak biasa tetapi, dalam waktu kurang tangan-tangan terampil, sentimen ia
mengungkapkan dapat merosot terlalu mudah ke clich ' e. "Merayakannya dan
ketat" mungkin kurang-lebih berarti terang hal yang sama tetapi tidak
mulai mengatakan hal yang sama. Dan yang membuat semua
perbedaan.
Struktur cerita
Penggunaan kata-kata
yang benar dan kalimat meningkatkan komunikasi semuanya ditulis. Tetapi
bagaimana dengan khususnya berita? Bagaimana cara Anda memanfaatkan-core
keterampilan menulis ke persyaratan tambahan untuk meringkas sebuah peristiwa-peristiwa
yang rumit atau informasi dalam gaya langsung dan ruang terbatas?
Dua hal mengisi pikiran
wartawan ketika mereka menulis - ide-ide dan bahasa. Bahasa, seperti yang telah
kita lihat, bentuk yang penting dan struktur kalimat dan paragraph. Tetapi
ide-ide membentuk struktur cerita. Dan Struktur cerita adalah asas kepada para
pembaca anda' pemahaman tentang pesan Anda. Sebagai Randall Daud (1999)
menjelaskan, dalam bukunya Wartawan Universal:
'bagian terpenting
dalam menulis adalah apa yang terjadi di dalam kepala anda antara menyelesaikan
penelitian anda dan menempatkan perkataan pertama ke bawah. Anda harus berpikir
tentang bahan anda dan memutuskan apa yang ia inginkan dan tentang
apa yang ingin anda lakukan dengannya.
Komposisi adalah tidak
hanya kata-kata berdebar-debar bisnis, ia adalah bisnis mengorganisir berpikir.
Tidak di kira bagaimana ajaibnya anda di conjuring frasa aneka warna atau
celetukannya ulasan, jika anda tidak mendapat ide yang jelas tentang apa yang
anda inginkan untuk mengatakan bahwa ia akan menunjukkan.'
Dalam berita
tradisional menulis, struktur cerita, khususnya pengenalan atau memimpin, dapat
dipengaruhi oleh penting dalam memberikan nilai berita maksimum untuk pembaca
anda dengan cepat. Hal ini khususnya benar dalam acara aksi atau didorong
kisah-kisah seperti insiden-insiden kecelakaan atau kejahatan. Wartawan sering
mengatakan kisah-kisah ini 'menulis sendiri', mengurangi kebutuhan untuk
pendekatan asli atau perspektif dari reporter. 'Ide-ide' di sini dapat hanya
bermakna cekap rangkuman informasi penting diinfuskan dengan halus detil kohort
keghairahan.
Walau demikian, masalah
atau informasi didorong kisah-kisah adalah hal yang lain. Wartawan di sini
diharapkan untuk menjelaskan dan menafsirkan dan kebanyakan berasal dari hati
menstrukturkan semula pengenalan dan cerita.
Jadi, sebagai wartawan,
kami menulis dengan ide-ide mengenai cara untuk menyampaikan pesan kami, baik
informasi faktual atau emosi manusia.
Anda memerlukan
kedua-dua struktur yang jelas dan kata-kata yang tepat; dan ketika ide-ide dan
datang bersama secara efektif bahasa, jurnalis menemukan suara '' mereka,
mereka yang khas melihat dan ekspresinya.
Konstruksi cerita
adalah keasyikan kebanyakan penulis. Tetapi dalam jurnalisme ia memiliki arti
penting khusus. Para wartawan harus lagi terasa aneh jika Anda memegang tiga
essentials saat menulis cerita mereka:
·
Mengidentifikasi elemen-elemen cerita
yang akan dari bunga terbesar ke pembaca mereka;
·
Struktur cerita dengan cara yang akan
memberikan elemen-elemen yang efektif sebagai mungkin;
·
Menghadirkan mereka dengan cara yang
akan membuat penggunaan maksimum medium mereka bekerja dalam dan melibatkan
jumlah maksimal pembaca untuk waktu yang panjang maksimal.
Surat kabar dan
biasanya ini berarti memproduksi penyiaran sebuah cerita tunggal dengan disusun
secara hati-hati awal, tengah dan akhirnya. Ini adalah sebuah konstruksi
linear. Permulaan membawa ke pertengahan, yang membawa kepada kesudahannya.
cerita ini ditulis atau direkam untuk dikonsumsi dalam urutan itu. Jika anda
melanggar hubungan itu, misalnya dengan mulai membaca, melihat atau mendengar
potong digoyang selama, anda tidak dapat mengharapkan untuk memahami sepenuhnya
apa yang kemudian berikut.
Sebelum kita melihat
cerita online secara rinci konstruksi, mari kita membiasakan diri kita dengan
paling terkenal dan paling diterima secara luas model bagi linear tradisional
berita konstruksi. Seperti yang akan kita lihat nanti, ia mungkin masih
memiliki menggunakan.
Piramid
Siapa saja yang akrab
dengan buku-buku acuan jurnalisme akan mengetahui semua tentang struktur
piramida, digunakan untuk kisah-kisah dalam surat kabar berita dan siaran
seluler. Secara ringkasnya intisari sebuah cerita harus ditempatkan di bagian
atas piramid, dengan pengembangan lebih lanjut dan amplifikasi terhadap
poin-poin utama di bawah ini, sebelum akhirnya tapering keluar ke dasar materi
latar belakang.
Beberapa orang
menggunakan model 'piramida diubah receiver' - piramid sanding pada kepalanya.
Bersama dengan Wynford Hicks (1999), saya tidak dapat memahami alasan untuk hal
ini. Model bekerja jauh lebih baik dalam normal posisi tegak lurus dengan basis
luas di bagian bawah. Dengan cara itu bentuk piramida, dari atas ke bawah,
mencerminkan baik arti penting dan jumlah yang akan ditulis.
Dalam posisi yang diubah receiver, ia hanya mencerminkan kepentingan (bagian
terbesar yang berada di bagian atas). Harap jangan menulis pendahuluan yang
lima belas kali lebih besar daripada bahan latar belakang di akhir cerita.
Dalam bentuk piramida
menawarkan dua manfaat. Pertama, pembaca dapat mendapatkan esensi dari cerita
dengan membaca hanya pengenalan. Kedua, sub-editor surat kabar, menekan untuk
ruang dan waktu, dapat memangkas berbentuk piramida kisah-kisah dari bawah ke
atas dan tidak memusnahkan pengertian mereka.
Intros
Jadi, apa yang masuk ke
puncak piramida, atau untuk menggunakan analogi yang lebih moden, hidung
kerucut roket? Yang penting, intro. Paragraf pertama. Ini adalah yang paling
umum yang dapat mengakibatkan stress dan kesakitan dalam jurnalis muda yang
harus menulis mereka dan sub-editor yang lebih tua yang harus membaca mereka
(dan menulis ulang mereka).
Menulis intros baik
tidak mudah. Sebagai Waterhouse (tahun 1989) menunjukkan: 'Yang pertama telah
untuk berisi-paragraf esensi dari cerita dalam mungkin 25 kata-kata.' Maka,
seperti piramida kami, kisah kipas secara bertahap, menggunakan sama keluar
untuk memperluas prinsip pada dasarnya dalam tiga atau empat paragraf.
Apa yang masuk ke
orang-orang yang mengambil paragraf awal ditambahkan penting saat menulis untuk
online. Orang sering memindai kisah-kisah pada halaman web. Mereka ingin
mendapatkan ke titik dengan cepat. Juga, kisah-kisah dapat 'top-irisan'
(menggunakan beberapa pertama paragraf) untuk distribusi untuk telepon seluler
dan agenda pribadi. Untuk membantu, Berita BBC Online ini memiliki '4 peraturan
nominal'. Wartawan Online (2000) adalah BBC's Handbook untuk
berita mereka wartawan Online. Ia menyatakan bahwa sebagai banyak informasi
penting sebagai mungkin harus pergi ke empat perintah pertama paragraf sebuah
cerita, termasuk konteks dan latar belakang, ini adalah untuk memastikan bahwa
cerita akan masuk akal jika empat yang pertama telah dibaca dalam isolasi
paragraf. Juga, setiap paragraph harus memiliki tujuan yang jelas dan struktur
sederhana. Harus membatasi diri untuk wartawan satu gagasan per paragraph.
Disiplin ini menjadi
sangat penting saat anda menganggap bahwa para wartawan di Berita BBC Online
adalah menyetel batas kata 400-500 kata-kata untuk kisah utama dalam
keseluruhannya (orang-orang di bagian atas tiga dari indeks) dan 250-350
kata-kata untuk cerita lain. Tidak banyak ruang untuk tidak perlu atau
membelitkan. Sebagai wartawan Online menjelaskan:
·
Semua kisah harus ditulis dalam cara
yang jelas dan roda
·
Kami menulis untuk penonton umum dan
satu global. Kita harus tidak menganggap terlalu banyak pengetahuan. Pentingnya
cerita - mengapa kita harus peduli - perlu pagi yang ditandai
Pada, sebagai harus
dampak pada orang-orang biasa. Eja itu setiap kali!'
Jadi permulaan cerita -
pemutaran intro - sangat penting. Tetapi bagaimana anda memilih apa yang
terjadi di dalamnya?
Di sini kita harus
membuang fikiran kita kembali ke Bab 2, ketika kita menganalisis pemicu yang
membuat pembaca menganggap ada sesuatu yang menganggpa. Mencari relevansi,
wahyu dan petunjuk yang terang-terangan bersifat ur mengumpulkan-dalam'
informasi. Menulis cerita ini merupakan kelanjutan dari bahwa proses pelaporan.
Mengapa kita melupakan sifat-sifat ini apabila kita memilih apa yang kita
'sakhir' dalam tulisan kita?
Jadi, ketika membangun
pemutaran intro, anda harus anda mencari informasi yang baru (wahyu) ke pembaca
Anda dan juga akan pegang ketertarikan mereka melalui yang tidak biasa atau
dramatis yang terang-terangan bersifat (). Sebagai Tuhan Nortchliffe, 'berita
dari adalah sesuatu yang biasa-biasa'. Tetapi elevance cerita ke pembaca ini
juga harus dieja keluar dengan segera. Ini adalah mengapa para wartawan pada
surat kabar lokal selalu mengajar untuk mendapatkan sebuah referensi geografis
dari area mereka ke dalam kalimat pertama dari cerita apa pun. Ia menekankan
relevansi cerita. Demikian pula yang bersifat sementara acuan (hari ini, besok,
dsb.)
Menekankan bahwa berita
ini yang terjadi dalam masyarakat mereka sekarang, meningkatkan relevansi dan
wahyu.
Namun, satu lagi mutlak
bagi pemutaran intro adalah bahwa ia harus pendek. Selalu ada ketegangan antara
apa yang anda ingin berkata dan ruang yang tersedia. Semakin banyak anda
membuat dari tuntutan pemutaran intro, semakin besar kemungkinan bahwa ia akan
menjadi kembung dan terlalu rumit. Anda harus berpikir tentang berita pemicu
keras dalam cerita anda, menjadi kejam dalam seleksi anda tetapi tetap mencoba
menghantam sebagaimana yang banyak orang sebagai kemungkinan dalam pertama anda
25 kata-kata. Sebagai Penjual (1968), yang: 'Kejelasan, proses, informasi - dan
titik berita yang akan mulai orang berbicara. Ini adalah sifat untuk mencari'.
Pada dasarnya, sebuah
tempat pemutaran intro sejumlah signposts untuk pembaca, yang menunjukkan
informasi yang akan diperjelas dan amplified dalam paragraf yang mengikuti. Dan
pilihan anda dari kata-kata ini, sebagai penting kritis pengkajian yang paling
mudah memicu, referensi lokasi, menggambarkan.
Bayangkan Anda menulis
tentang rencana untuk membangun sebuah karya kimia di pinggiran kota
'Bloggstown', di sebelah ruang terbuka publik populer mengunjungi secara
teratur oleh orang-orang dari kota dan desa-desa. Anda ingin menyertakan semua
lokasi ini titik referensi dalam cerita anda karena mereka akan memaksimalkan
relevansinya dengan pembaca. Tetapi meletakkan semua ke dalam kalimat pertama,
dan anda akan berjuang untuk menghasilkan apa pun dapat dibaca. Jadi anda
membatasi diri pada satu lokasi: rujukan di dalam kalimat pertama. Kemudian
membangun dari sana, memperketat lokasi fokus dalam berhasil paragraf. Intisari
dari pemutaran intro anda dapat 'perusahaan lain untuk membangun pabrik kimia
di luar Bloggstown'. Hal ini segera mendapat perhatian
Orang-orang Bloggstown.
Tetapi ia tidak sangat spesifik. Keberadaan di luar Bloggstown? Sifat umum
lokasi di pemutaran intro akan berpotensi melibatkan kepentingan semua
orang-orang yang tinggal di luar kota - utara, selatan, timur dan barat. Tetapi
waspadalah terhadap pendekatan catch ini. Anda harus secara spesifik
Segera dalam cerita dan
orang-orang yang bunga/kekhawatiran telah membangkitkan, hanya untuk menemukan
cerita ini mempunyai sedikit relevans kepada mereka karena mereka hidup pada
sisi lain, akan membantu pemerintah kota itu dalam bilangan-bilangan yang
besar, merasakan sedikit ditipu.
Bagaimana tentang
'rencana perusahaan untuk membangun pabrik kimia untuk Bloggstown berikutnya
keindahan spot." Ini adalah lebih spesifik (bahkan jika ada lebih dari
satu titik kecantikan lokal, ini dapat dijelaskan dalam kalimat berikutnya).
Jadi, tentu saja akan menarik masyarakat geografis yang hidup di dekat ruang
terbuka dalam pertanyaan umum.
Tetapi sebagai tambahan
dari kata-kata sederhana 'keindahan spot' juga akan memperluas relevansi cerita.
Ia akan melibatkan masyarakat lain, sebuah masyarakat suku - semua orang-orang
pecinta alam yang sering melakukan perjalanan dari mil sekitar untuk
mengunjungi keindahan spot (dan yang mungkin datang dari area geografis yang
lebih luas, sehingga memperluas Lokasi: relevansi di luar 'di luar
Bloggstown').
Kata-kata tambahan juga
membuat berita lain yang memicu terang-terangan -. Perdampingan antara pabrik
kimia dan keindahan spot elemen menambahkan perselisihan atau bahkan drama yang
meningkatkan nilai pemicu dari lokasi: relevansi.
Mungkin kelihatannya
faintly menggelikan untuk mempertimbangkan untuk menggunakan dua perkataan di
kedalaman seperti itu. Tetapi ini adalah apa yang harus dilakukan, dan wartawan
mudah-mudahan menikmati. Dengan, ia akan menjadi praktik hampir sebuah proses
naluriah. Tetapi wartawan terbaik masih terus-menerus bekerja dan tulisan
mereka, tidak pernah pemandangannya puas dengan apa yang mereka telah
dihasilkan. Tujuannya adalah untuk membuat setiap kata dalam sebuah pemutaran intro
(dan di mana pun berada di bagian anda) menjadikan dirinya jagung. Setiap kata
ada oleh ke kanan. Tidak ada penumpang diizinkan. Anda harus selalu mencoba
untuk mengurangi kata-kata tersebut, namun memaksimalkan nilai berita kapanpun
menulis atau mengedit teks anda sendiri.
Ini berarti mendapatkan
ke arah tujuan utama cerita dengan segera. Coba untuk membuat
perkataan pertama yang kuat, satu tertentu. Jangan menenggelamkan para pembaca
anda dalam sup buram sidang-sidang, komite, chairmen ./perempuan dan departemen
TI. Jika tubuh ini telah membuat keputusan penting (tidak selalu kasus),
katakanlah kepada reader apa yang dan apa yang akan memiliki efek pada mereka.
Detail halus dari tubuh yang
Membuat keputusan dapat
terjadi setelah beberapa paras. pertama
Juga, menghindari menjalankan
pemutaran intro dengan petikan langsung. Orang tidak tahu siapa yang Membaca
bismillah mereka. Menghindari memperkenalkan fakta-fakta tidak dikenali,
peristiwa-peristiwa atau orang di sangat mulai sebuah cerita karena dapat
membingungkan
Reader. Kekeliruan
dengan cepat membawa detil dan kemudian pemutusan hubungan, terutama di
memindai lingkungan online.
BBC adalah mengetahui
hal ini genting pegangan di perhatian pembaca online dan membuat perbandingan
yang menarik dengan siaran seluler: 'Pada TV dan radio, Anda kadang-kadang
harus memimpin para pendengar/
Para pemirsa ke dalam
cerita secara perlahan. Pada Web, anda perlu mendapatkan segera ke dalam kisah'
(Wartawan Online, 2000).
Ini adalah mengapa
beberapa koran lain teknik pemutaran intro kurang berhasil untuk online. Yang
paling terkenal adalah mungkin penurunan yang tertunda. Ini adalah di mana arah
tujuan utama cerita, raison d'ˆetre jadi untuk berbicara,
tidak dalam paragraf pertama. Sebaliknya, diletakkan kemudiannya di dalam
cerita ini, para pembaca biasa led secara perlahan ke arah oleh sebuah gaya
penulisan.
Berita Utama
Harold Evans (2000)
adalah tidak ragu lagi tentang pentingnya headline menulis: 'menulis berita
baik adalah 50% dari editor teks keterampilan'. Setiap bit chiselling waktu
dari kata-kata yang tepat dalam urutan yang tepat dan menghabiskan waktu
adalah'.
Evans' pengukir menjadi
sangat instrumen tumpul di tangan banyak online penulis dan editor. Berita
utama yang digunakan dengan sedikit pemikiran yang jelas untuk tujuan mereka
atau penampilan. Ini adalah sebuah
Khususnya tipu muslihat
dalam praktik online sedang, diberikan kebiasaan pembacaan pengguna disorot
oleh Institut Poynter studi trek yang disebutkan sebelumnya mata. Sebagai Evans
(2000) menjelaskan, headline melayani dua tujuan utama: pertama, untuk menarik
seperti banyak pembaca mungkin ke dalam teks dari cerita. Kedua, untuk
orang-orang yang tidak membaca lebih lanjut, berita utama masih dapat
berpengaruh, 'untuk banyak yang tidak membaca cerita tidak ada yang kurang
mempertahankan kesan dari memindai headline.' (penulis huruf
miring).
Tajuk utama yang
membawa tanggung jawab tambahan dalam jurnalisme online. Ia menyediakan
petunjuk penting dan konteks bagi orang-orang pembaca yang mengakses seksi
individual pada kisah-kisah pada mereka sendiri. Dipisahkan dari jangkauan
selebihnya (misalnya jika dikaitkan dengan satu bagian dari situs lain langsung
atau sebuah mesin pencari). BBC adalah mengetahui hal ini:
'berita utama kami -
terutama pada tingkat global, Inggris dan indeks-indeks Dunia - makin banyak
diekstrak dan dikirim di tempat lain untuk BBC berjalan dan BBC Halaman Utama,
telepon seluler, dsb. Mereka juga muncul dalam Kisah terkait. Jadi ketika
ulasannya terhadap Wahyu mengongsikan lebih dapat muncul disertai halus berita
utama oleh ringkasan, mereka dapat omong-kosong berdiri sendiri. Karena itu
penting artinya bahwa mereka menanggung beberapa hubungan langsung dengan
cerita. Mereka dapat bijak dan bujuk tetapi harap membuat mereka mempergunakan
dari konteks cerita' (Wartawan Online, 2000).
Leslie Penjual (1968)
menawarkan sejumlah aturan dasar bahwa setiap headline penulis akan berbuat
baik untuk mengingat:
·
Menggunakan suara aktif dan masa kini
tegang, bila memungkinkan ('MMzm mendesak Blair untuk bertindak' daripada
'tindakan untuk panggilan dari MPs';
·
Menghindari tanda baca (misalnya koma
dan apostrophes) di; kematianlah s pernyataan 'sebuah koma Penjual berarti dua
bagian headline yang lebih lambat';
·
Menghindari dia, ia anonim atau mereka;
menetapkan pendudukan, usia, dsb. dan mempersonalisasi kapan saja (Bush
alih-alih sesuai Presiden AS);
·
Menghindari cramming dalam terlalu
banyak informasi;
·
Dalam kasus double-line judul, coba
untuk membuat baris pertama masuk akal sendiri kerana ia mewakili pemikiran
lengkap sendiri.
Penjual juga
memperingatkan terhadap atas-penggunaan headline jargon. Ia percaya bahwa
kata-kata seperti "Suruhlah', 'menyesah' dan 'diserang' adalah baik karena
mereka dan membuat titik-pendek dengan cepat tetapi
Ada bahaya yang di
sini. Kata-kata seperti keluar, memasukkan, terburu-buru, memotong, ban, tanda
hubung, garis miring, crash, kuis dan temuan sangat berguna yang mereka
cenderung terlalu sibuk. Mereka menjadi bagian dari kecamatan malas,
perlengkapan senjatanya. Daripada disimpan untuk kesempatan ketika tidak ada
kata lain akan melakukan pekerjaan, mereka digunakan dari, kebiasaan sehingga
karya penuh untuk tidak meluap dengan mereka.
Beberapa online
penerbit benda ke akan menggunakan dari mana pun dari kata-kata ini, selama-lamanya.
BBC sarankan terhadap apa yang mereka panggil 'jargon dan clich 'es' seperti
'slammed' dan 'layu' dan "screamers" (menggunakan tanda seru).
Penggunaan bahasa tajuk utama seperti sangat turun ke rumah
masing-masing style dari operasi berita dan, sebagai penjual poin keluar,
imajinasi, atau kurang dari itu, dari subeditor.
Pertimbangan penting
lainnya adalah penyebaran para pembaca anda. Penjual menyarankan terhadap
nama-nama tempat tertentu dalam berita utama kecuali jika mereka mempunyai tujuan
tertentu. Ini adalah bahaya tertentu untuk para wartawan online, diberikan para
pembaca dari situs-situs global. Rujukan-rujukan geografis tertentu yang
mungkin menyampaikan yang bermakna para pembaca (misalnya dalam negeri
Leighton) dapat teki dan hitam menurut jenisnya; jadi menyurutkan para pembaca
di seluruh dunia. Tantangan ini meliputi semua area headline menulis, tidak
hanya nama tempat. Misalnya, selama wabah penyakit mulut dan kaki di antara
hewan di Inggris pada tahun 2001, ia sangat mencolok yang Berita BBC merujuk
kepadanya sebagai 'penyakit Pertanian' di tengah-berita utama, barangkali
karena beberapa negara tidak akan akrab dengan istilah 'kaki dan mulut' (hal
ini juga lebih singkat).
Titik akhir yang akan
dibuat tentang berita utama adalah bertujuan untuk menulis orang-orang yang
menulis berita utama untuk orang lain. Tidak peduli bagaimana anda, bertekanan
yang sangat penting bagi anda untuk membaca dan memahami seluruh kisah
diserahkan kepada anda. Anda harus membaca apa-apa karena titik berita utama
mungkin tidak dalam paragraf pertama. Dan anda harus memahami kedua cerita dan
kepentingannya kepada para pembaca anda. Anda tidak dapat membuat peradilan
tentang isi sebuah tajuk utama jika anda tidak memahami latar belakang untuk
cerita. Sebagai Evans Serikat, anda harus 'berpikir keras tentang apa elemen
tunggal dari cerita ini adalah yang membuatnya, baru dan berbeda dengan senilai
ruang dalam karya' . . . atau website. Dia terus 'seni tajuk utamanya terletak
pada imajinasi dan kosa; craft terletak dalam akurasi daya tarik, konten dari
Penampilan dan
kepraktisan'. Bukanlah sesuatu yang dapat dibuang bersama-sama pada saat-saat
terakhir.
Deskripsi ringkasan, dan link
Deskripsi untuk gambar
juga dapat tambahan, yang merupakan sebuah kesalahan. Kesalahan yang paling
umum beserta deskripsi adalah untuk membuat mereka terlalu istilah. Hanya
sebagai wartawan televisi yang diajarkan untuk membiarkan gambar berkata
Kisah mereka sendiri
dan menjadi persamaannya dengan voice-over, demikian keterangan penulis tidak
harus ruang terbatas mereka limbah (biasanya satu baris) hanya menggambarkan
apa yang dapat melihat dalam pembaca tetap gambar. Sebagai Penjual
(1968) menunjukkan
'menulis sebuah iringan bagi gambar adalah seni yang sama sekali berbeda,
dimana gambar adalah pemutaran intro, attentioncatcher, dan selebihnya dapat
jatuh lebih perlahan-lahan ke tempat'.
Jadi keterangan
seharusnya tidak hanya menerangkan apa yang dapat anda sudah lihat atau negara
jelas. Sering anda perlu memberikan informasi dasar, misalnya nama seseorang,
untuk mengidentifikasi gambar orang itu dari setengah lusin nama lain dalam
cerita. Tetapi biasanya anda akan ingin menambahkan rincian lain menjelaskan
Relevansi seseorang
untuk cerita. Ingat, orang dapat membaca keterangan sebelum teks utama sebuah
cerita.
Patut dua kepingan
informasi terpisah ke satu baris tidak mudah. Salah satu teknik umum di antara
para penulis caption adalah untuk menggunakan colon untuk mendirikan link
antara dua potongan informasi. Hal ini dapat bekerja dalam urutan baik. Jadi
sebuah cerita tentang Belumkah semua orang dari mainan Digimon melanda UK
mungkin memiliki gambar dari salah satu dari mereka dengan judul: 'Digimon:
melanda negara' atau 'Belumkah semua orang: mainan Digimon Terbaru'.
Ringkasan juga
digunakan secara meluas pada situs berita online, garis luar cerita dan
mudah-mudahan mengundang pembaca klik melalui ke jangkauan terperinci.
Lagi-perlu ditulis dengan hati-hati. Mereka tidak perlu menjadi yang pertama
dua paragraf cerita dan mereka pasti tidak ulangi apa yang ada di dalam tajuk
utama seperti ini akan menyertai mereka pada halaman. BBC membatasi ringkasan
mereka untuk satu kalimat di masa kini tegang.
Ada satu wilayah di
mana online menyediakan sebuah tantangan baru bagi para jurnalis sebagai editor
teks dan yang di-labelling link. Seberapa sering Anda melihat situs yang telah
mengundang anda untuk link ke halaman lain atau situs-situs tanpa memberikan
anda setiap ide yang jelas tentang apa yang diinginkan, atau mengapa anda harus
pergi ke sana? Link Internal (menghubungkan anda ke halaman lain dalam situs
anda sendiri) lazimnya adalah yang paling menantang. Link eksternal dapat
dirangkum oleh menggunakan nama organisasi yang anda tersambung ke. Tetapi link
internal mungkin membawa anda ke halaman yang berisi konten cukup rumit,
seperti 'Kisah Terkait'. Anda harus berpikir dengan hati-hati bagaimana untuk
meringkas-dengan cara yang masuk akal untuk pengguna anda. Cek yang baik pada
ini adalah untuk secara berkala menunjukkan link anda untuk seseorang yang
tidak akrab dengan jangkauan sebelumnya dan lihat jika mereka dapat memahami
mereka.
Jadi, struktur dan
menulis, ide-ide dan bahasa - faktor penting bagaimana anda pilih dan ada
informasi anda. Tidak sulit untuk melihat bagaimana kesederhanaan berita klasik
menulis akan menguntungkan jurnalisme online
3.6 Bagaimana pengaruh jurnalis online terhadap
jurnalis konfensional ?
Perjalanan media saat ini mulai bergeser. Dibandingkan
media cetak, saat ini perjalanan media online sudah membuktikan keperkasaannya.
Terbukti, dari beberapa kali pendapatan iklan dan pembaca, media online telah
melampaui surat kabar cetak.
Di Indonesia, media-media online sudah memasuki tahap
baru dalam dunia jurnalisme. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, mulai tahun
2010, media online sudah mendapat hati bagi pembaca yang mayoritas membutuhkan
percepatan informasi.
Migrasi dari kertas (Koran) ke web (online) saat ini
menunjukkan peningkatan yang significant. Itu bisa jadi karena penerapan pada
komputer tablet dan penyebaran smartphone mendorong percepatan media online
yang memang dikenal sangat loyal terhadap pembaca.
Di Indonesia, ada beberapa media online yang kini
mencapai tingkat perkembangan yang cukup pesat. Sebut saja Detikcom,
Kapanlagi.com, Antaranews.com, Kompas.com, JPNN.com, Inilah.com,
Rakyatmerdeka.com, Vivanews.com, Mediaindonesia.com, dan Lensaindonesia.com
Yang lebih mengejutkan, rata-rata media online tersebut merupakan penjelmaan
dari surat kabar atau bahkan media elektronik yang sebelumnya sudah ada.
Seperti Kompas.com dengan koran Kompas, Rakyatmerdeka.com dengan Koran Rakyat
Merdeka, Mediaindonesia.com dengan koran Media Indonesia dan Vivanews.com
dengan jaringan televisi TVone dan Antv.
Perkembangan online yang demikian pesatnya,
menunjukkan jika surat kabar (saat ini) sedang menderita. Tidak hanya dari
krisis ekonomi, melainkan karena banyak orang yang memilih membaca berita dan
informasi melalui online dan (secara otomatis) pemasang iklan mengikuti pola
pembaca.
Pada tahun 2010, koran-koran di Indonesia banyak yang
melaporkan penurunan pendapatan iklan ketika media lain seperti televisi sedang
menikmati rebound dalam penjualan iklan. Pendapatan iklan koran pada tahun 2010
turun 46 persen dalam empat tahun.
Sementara di sisi lain, pendapatan iklan online
mengalami peningkatan. Ini sebuah tantangan untuk organisasi berita bahwa
banyak klien yang memilih belanja melalui iklan online ini.
Sejak itu pula, koran-koran juga telah merasakan
dampak media online. Mereka menderita. Terbukti, banyak media cetak yang
memilih untuk menyusutkan staf, termasuk reporter dan editor. Atau memintahkan
mereka ke bagian lain, terutama di bagian iklan untuk menguatkan posisi
marketing.
Karena itu tidak heran jika kemudian media-media cetak
besar saat ini sudah (latah) mulai menggunakan media online. Hal itu
dikarenakan mereka tak ingin iklan dan pembaca Koran menyusut.
Surat kabar mulai mengenakan biaya untuk akses online
ke situs Web mereka. Namun demikian, sepak terjang mereka sudah terlambat
(terlanjur dibatasi). Mereka selama ini boleh dibilang hanya mengekor
media-media online yang sudah ada. Di sisi lain mereka juga menggunakan online
dengan tetap mengacu pada image (penamaan) koran yang sudah ada.
Ini tentu saja akan menjadi boomerang bagi mereka. Pasalnya,
pembaca sudah bosan dengan media tersebut. Sehingga mereka lebih memilih
media-media online yang memang mengawali dari bisnis online.
Jika melihat perkembangan media online belakangan ini,
baik dengan banyaknya sistem-sistem yang berkembang maupun kualitas
pemberitaan, tidak menutup kemungkinan pada tahun-tahun kedepan, media online
bakal menggeser keberadaan media konvensional seperti surat kabar.
BAB IV
KESIMPULAN
Jurnalisme adalah kegiatan mengumpulkan, menulis, mengedit,
menerbitkan berita melalui koran dan majalah atau memancarkan berita
melalui radio, televisi dan internet. Jurnalisme merupakan bagian dari
komunikasi massa secara luas.
Jurnalisme online adalah proses penyampaian informasi
atau pesan yang menggunakan internet sebagai medianya sehingga mempermudah
jurnalis dalam melakukan tugasnya.
Jurnalisme online lahir pada tanggal 19 januari 1998,
ketika Mark Drugle membeberkan cerita perselingkuhan Presiden Amerika Serikat
Bill Clinton dengan Monica Lewinsky atau yang sering disebut monicagate.
Detik.com barangkali merupakan media online
Indonesia pertama yang di garap secara serius. Masa awal detik.com lebih banyak
terfokus pada berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru setelah
situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detik.com memutuskan
untuk juga melampirkan berita hiburan, dan olahraga.
Jurnalisme online merupakan suatu cara yang mudah
dalam menyampaikan berita kapan dan di manapun, namu di sisi lain jurnalisme
online juga tidak terlepas dari kode etik tersendiri dalam penyampaian pesan
kepada publik
Jurnalisme online bisa menjadi kawan sekaligus lawan.
Tidak ada agenda seting dalam informasi di internet karena berbagai sudut
pandang bisa tercakup di dalamnya. Tidak ada batasan waktu untuk mengakses
informasi. Namun segala kenyamanan yang ditawarkan tersebut juga membawa efek
atau dampak yang besar bagi penggunanya.
Jika melihat perkembangan media online belakangan ini,
baik dengan banyaknya sistem-sistem yang berkembang maupun kualitas
pemberitaan, tidak menutup kemungkinan pada tahun-tahun kedepan, media online
bakal menggeser keberadaan media konvensional seperti surat kabar.
Ketika jurnalisme dalam televisi, radio, dan media
cetak sudah mulai tergeser oleh jurnalisme online, disinilah pemerintah juga
mulai was-was akan keterbukaan informasi yang diterima masyarakat. Kedepannya
bisa-bisa jurnalisme online menjadi ancaman bagi pihak-pihak yang memiliki
kepentingan terselubung.
SUMBER
Journalism online .mike ward
file:///C:/Users/User/Downloads/Mata.kuliah.soft.skill_%20Jurnalistik%20Media%20Online.html
file:///C:/Users/User/Downloads/Pengaruh%20Media%20Online%20terhadap%20Perkembangan%20Media%20Konfensional%20_%20Marizcha%20Kartika.html
No comments:
Post a Comment