A.
Pengertian Komunikasi Bisnis
Komunikasi
adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem
yang biasa(lazim) baik dengan simbol-simbol, sinyal, maupun perilaku dan
tindakan.
Ilmu
komunikasi suatu usaha yang sistematis untuk merumuskan prinsip-prinsip secara
tegas dan dan atas dasar prinsip-prinsip
tersebut disampaikan informasi secara tegas yang dibentuk oleh pendapat
dan sikap.
Pengertian
komunikasi Bisnis dikemukakan menurut para ahli adalah sebagai berikut :
1) Menurut
kats, komunikasi bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan dan konsep yang
berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersin.
2) Menurut
rosenblatt adalah Pertukaran ide-ide, opini, informasi, instruksi dan
sejenisnya yang dikemukakan baik secara personal,ataupun non personal melalui
simbol atau tanda untuk mencapai tujuan perushaan.
3) Menurut curtis dkk adalah komunikasi dalam
organisasi bisnis ditunjukan untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan.
4) Menurut poerwanto
adalah Kounikasi yang digunakan alam dunia bisnis mencakup berbagai macam
bentuk verbal maupun non verbal.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Komunikasi Bisnis merupakan komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam
bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun non verbal yang
bertujuan memberi kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara
pemberi dan penerima sehingga bahasa lebih jelas, lengkap, pengiriman dan umpan
balik seimbang.
B.
Ruang lingkup Komunikasi Bisnis
1) Internal
comunication
Internal komunikasi merupakan komunikasi yang terjadi
diantara orang-orang yang berada dalam suatu perusahaan atau dalam perusahaan
tersebut. Bentuk-bentuk internal comunication adalah sebagai berikut :
I.
Downward communication, yakni
alirankomunikasi komunikasi dari atasan ke bawahan umumnya terkait dengan ttg
jwb dan wewenang seseorang dlm organiasi.
II.
Upward communication yaitu aliran komunikasi yang berasal dari bawah ke atasan
seperti apresiasi dan percaya.
III.
Horizontal communication yaitu Komunikasi yang terjadi antara bagian-bagian yang
memiliki posisi sejajar dalam suatu organiasi.
IV.
Diagonal communication yaitu
komunikasi yang melibatkan dua tingkat organiasi yang berbeda. Ini biasanya
terjadi dalam organisasi besar yang memiliki ketergantungan.
2) External
comunication
External
comunication merupakan komunikasi yang dilakukan oleh pihak organisasi atau
perushaan melalui kesepakatan management untuk melakukan komunikasi dengan
pihak luar.
Kesepakatan
manajemen untuk melakukan dilakukan oleh pihak orang/perusahaan melalui
komunikasi dengan publik luar. Media yangdigunakan adalah media umum dan media
massa.
C.
Bentuk-bentuk komunikasi bisnis
Ada dua jenis bentuk dasar
komunikasi bisnis :
1. Komunikasi Nonverbal
Komunikasi
non verbal merupakan Kumpulan isyarat, gerak tubuh,
intonasi suara, sikap, dan sebagainya, yang memungkinkan seseorang untuk
berkomunikasi tanpa kata-kata.
Komunikasi non verbal
dapat tercermin dari perilaku atau tingkah laku seperti dibawah ini :
a. Menggerakan gigi untuk
menunjukan kemarahan.
b. Mengerutkan
dahi untuk menunjukkan seseorang sedang serius/ berfikir.
c. Gambar
pria atau wanita yang dipasang di pintu masuk toilet untum menunjukkan kamar
sesuai dengan jenis kelaminnya.
d. Berpangku tangan untuk menunjukkan seseorang sedang
melam.
e. Tersenyum
dan berjabat tangan dengan orang lain untuk mewujudkan rasa senang, simpati dan
penghormatan.
f. Membuang
muka untuk menunjukkan sikap tidak senang atau antipati terhadap orang lain.
g. Menggelengkan
kepala untuk menunjukkan sikap menolak atau keheranan.
h. Asbak
diatas meja yang menunjukkan tamu diperkenankan/ boleh merokok.
i.
Mengirimkan bunga sebagai tanda
kesuksesan, cinta atau duka cita.
2. Komunikasi verbal
Komunikasi
Verbal merupakan komunikasi dalam bentuk percakapan atau tertulis.
Komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata untuk menyatakan ide. Gaya
dalam berkomunikasi disesuaikan dengan
situasi, dan lawan komunikasi. Penggunaan gaya bicara sangat berpengaruh
terhadap minat lawan komunikasi. Mengungkapkan pesan verbal diperlukan
keterampilan menggunakan kata-kata sederhana dan dapat dipahami oleh lawan
komunikasi.
Berbicara
dan mendengarkan merupakan bentuk komunikasi yang paling sering dilakukan. Hal
ini menjadikan orang lebih memilih berbicara daripada menulis dalam
berkomunikasi. Dengan komunikasi lisan orang dapat langsung mendapat umpan balik, sedangkan pada komunikasi
tertulis orang harus menyusun pesan, menulis , mengirim, dan menunggu tanggapan
sebagai umpan balik.
Bentuk komunikasi
verbal selain berbicara atau komunikasi lisan dapat dilakukan dengan
cara lain seperti dibawah ini :
a) Membuat
dan mengirim surat klaim
b) Membuat dan mengirim
surat penawaran harga kepada pihak lain
c) Membuat dan mengirim
surat pemesanan barang kepada pihak lain
d) Membuat
dan mengirim surat konfirmasi kepada pelanggan
e) Membuat
dan mengirim surat kontrak kerja kepada pihak lain
f) Memberi
informasi kepada pelanggan yang meminta informasi tentang produk-produk baru
g) Berdiskusi
dalam suatu tim kerja (team work)
h) Melakukan
wawancara kerja dengan para pelamar kerja di suatu perusahaan
i) Mengadakan
briefing dengan staf karyawan
D.
Persyaratan komunikasi yang efektif
Komunikasi dikatakan efektif jika
:
a.
Apabila terjadi pemahaman yang sama dan merangsang pihak lain untuk
berpikir atau melakukan sesuatu.
b.
Membantu mengantisipasi masalah-masalah, membuat keputusan yang tepat,
mengoordinasikan aliran kerja, mengawasi orang lain, dan mengembangkan berbagai
hubungan.
Ada tiga hal
yang menjadi persyaratan dalam komunikasi adalah sebagai berikut :
a. Kredibilitas dan daya tarik komunikator.
Komunikator (pandai
menggunakan bahasa, intonasi, simbol dan mimik yang menarik simpati dan empati
dari komunikannya).
b. Kemampuan pesan untuk
membangkitkan tanggapan.
Pesan (cara penyampaian, isi pesan sesuai dengan kebutuhan
dan diminati oleh komunikan).
c. Kemampuan komunikan untuk
menerima dan memahami/umpan balik.
Komunikan (latarbelakang, dll).
d. Perhatikan
gangguan-gangguan yang mungkin akan menghambat proses komunikasi.
e. Pengaruh / umpan balik (yang diharapkan / tujuan penyampaian pesan).
No comments:
Post a Comment