JENIS
JENIS PASAR MONOPOLI , OLIGOPOLI , PERSAINGAN
SEMPURNA PASAR
PASAR
Pasar
adalah tempat orang bertarnsaksi menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk
mendapatkan imbalan uang. konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan
pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran
barang atau jasa untuk uang adalah transaksi.Transaski terjadi jika ada
kesepakatan antara penjual dan pembeli.
Jenis-Jenis Pasar
Jenis
pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi
menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak). Maka kita lihat
penjabaran berikut ini:
Pasar Nyata.
Pasar
nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat
dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
Pasar Abstrak.
Pasar
abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang
akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan
surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar
valuta asing.
Jenis
pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar
dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
Pasar Tradisional
Pasar
tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan
pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang
diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
Pasar Modern
Pasar
modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan
dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini
adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis
– Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis
barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan
daging serta pasar loak.
Jenis
– Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya
barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
Pasar Lokal
Pasar Daerah
Pasar Nasional dan
Pasar Internasional
PASAR MONOPOLI
Pasar
monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu produsen yang
menguasai pasar. Dengan kata lain satu penjual menguasai segala jenis
penawaran. Seseorang yang menguasai pasar monopoli disebut Monopolis.
Ciri-ciri
dari pasar monopoli yaitu:
1.
hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
2.
tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip
3.
produsen mutlak menetukan harga
4.
tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan
berapa keunggulan perusahaan.
Kelebihan
pasar monopoli:
1.
Keuntungan penjual cukup tinggi.
2.
Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya
diatur
pemerintah.
Kelemahan
pasar monopoli:
1.
Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang.
2.
Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.
3.
Terjadi eksploitasi pembeli.
Dampak negative adanya monopoli,
antara lain:
a.
Timbulnya ketidakstabilan harga.
b.
Kecilnya volume produksi menimbulkan adanya biaya sosial yaitu biaya yang
ditanggung oleh masyarakat.
c.
Adanya unsur ketidakadilan sebab monopolis akan menekan biaya produksi
serendah-rendahnya pada pasar faktor produksi dan dengan harga tinggi di pasar
barang.
d.
Kepentingan umum banyak diabaikan, sebab orientasi usahanya hanya didasarkan
atas untung rugi saja.
Monopoli bisa timbul karena adanya
beberapa hal, yaitu:
1.
Faktor alam
Keadaan
alam dapat menimbulkan monopoli bagi suatu daerah. Misalnya, kesuburan tanah
dan iklim yang cocok dengan jenis tanaman tertentu menyebabkan suatu daerah
memonopoli hasil produksi pertanian tertentu, seperti tembakau di daerah Kedu,
Deli; bawang merah di Brebes, dan lain-lain.
2.
Peraturan pemerintah
Misalnya,
hak paten untuk melindungi suatu penemuan baru agar perusahaan pemilik tidak
dirugikan oleh pihak lain yang menghasilkan produk tiruan dengan harga yang
jauh lebih murah. Hak paten memiliki batas waktu dan dapat diwariskan. Bagi
penciptanya, diperbolehkan untuk memberi ijin atau lisensi kepada pihak lain
untuk mencipta dan menjual produk yang sama.
3.
Monopoli alamiah
Kemajuan
teknologi yang semakin canggih akan mengakibatkan perusahaan mampu menekan
pengeluaran, sehingga perusahaan dapat lebih efisien dan berkembang karena laba
yang diperoleh semakin besar. Apabila perusahaan mampu memperluas produksi dan
memasarkannya dengan harga yang terjangkau konsumen dengan kualitas yang
memuaskan, hasil produksinya akan mendapat kepercayaan masyarakat. Dengan
demikian, hasil produksinya akan menguasai pasar dan perusahaan mampu
menentukan harga di pasar. Perusahaan yang baru timbul biasanya sulit bersaing
dengan perusahaan yang telah berkembang dan memegang monopoli tersebut.
Adanya
monopoli dalam perekonomian akan menimbulkan beberapa akibat, diantaranya
sebagai berikut.
1.
Terbatasnya volume produksi, karena dengan monopoli suatu perusahaan akan
berkuasa menentukan besar kecilnya produksi yang dihasilkan untuk memperoleh
keuntungan setinggi-tingginya.
2.
Terjadi ketidakadilan antara perusahaan yang memegang monopoli dengan
perusahaan yang tidak memegang monopoli.
3.
Timbulnya eksploitasi dari pemegang monopoli terhadap dua pihak berikut.
a.
Pemilik faktor produksi, yaitu dengan membayar mereka dengan harga yang lebih
rendah dibandingkan harga pasar.
b.
Konsumen, yaitu ditetapkannya harga oleh pemegang monopoli atas harga pasar
untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
Ada
beberapa cara pencegahan yang umum dipraktikkan untuk mengatasi efek negatif
yang ditimbulkan oleh monopoli, yaitu:
a.
penarikan pajak;
b.
pengendalian harga;
c.
pemilikan pemerintah untuk barang-barang vital atau yang menguasai hajat hidup
orang banyak;
d.
regulasi dengan membuat undang-undang anti monopoli;
e.
pendirian perusahaan oleh pemerintah.
PASAR OLIGOPOLI
Pasar oligopoli adalah
suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran dimana terdapat
penjual/produsen yang menguasai permintaan pasar.
Ciri-ciri
pasar oligopoli
Terdapat
banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
Barang
yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
Terdapat
halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk
kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis
merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
Macam-macam oligopoli
Oligopoli murni
yang ditandai beberapa perusahaan yang menjual produk homogen.
Oligopoli dengan
perbedaan yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat
dibedakan.
Dampak
negatif oligopi terhadap perekonomian:
Keuntungan
yang yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
Timbul
inifisiensi produksi
Eksploitasi
terhadap konsumen dan karyawan perusahaan
Harga
tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang inflasi yang kronis
Kebijakan
pemerintah dalam mengatasi oligopoli
Pemerintah
mempermudah masuknya perusahaan baru untuk masuk kepasar untuk menciptakan
persaingan
Diberlakukannya
undang-undang anti kerja sama antar produsen.
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pasar
persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan
jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat
homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara
penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat
memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker).
Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat
dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah
suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena
itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan
produk.
No comments:
Post a Comment